Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

ASPEBINDO: Safety & Security Bukan Hanya Soal Mitigasi, Perlu ada Evaluasi dan Terobosan Aspek HSSE

 


PT Pertamina (Persero) baru saja mengalami insiden di Depo Plumpang, Tanjung Priok Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023. Depo ini merupakan fasilitas BBM terbesar di jantung ibukota Jakarta yang turut memakan korban jiwa dari kalangan masyarakat umum.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indoensia (ASPEBINDO) Anggawira mengatakan, menjadi wajar ketika banyak pihak yang mempertanyakan komitmen PT Pertamina terhadap aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE). Sampai keterangan tertulis ini dibagikan, setidaknya 19 nyawa melayang, 49 korban luka-luka, serta 3 orang dalam pencarian.

Bukan hanya Plumpang; dalam tiga tahun terakhir, tercatat ada enam kilang dan atau depo PT Pertamina terbakar. "Saya rasa dengan berbagai insiden yang terjadi ini harus ada tindakan dengan mengeluarkan kebijakan atau terobosan masif untuk mengatasi persoalan HSSE ini. Ini berlaku bukan hanya untuk Pertamina tapi untuk seluruh pelaku industri gas dan minyak bumi," ungkap Anggawira.

Anggawira menambahkan perlunya buffer zone atau zona penyangga di setiap depot Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebab, depo BBM merupakan area berbahaya yang di sekelilingnya terdapat zat-zat yang mudah terbakar.

"Menurut saya, buffer zone itu sebagai sabuk pengaman di area depo BBM berada. Adanya buffer zone merupakan bagian dari aspek HSSE (Health, Safety, Security and Environment) di sekitar wilayah tangki timbun yang rentan dengan risiko kebakaran. Lahan di sekeliling lokasi depo BBM bisa dibebaskan dan dimanfaatkan sebagai area penghijauan," ujar pria yang juga merupakan Komisaris Utama PT Krakatau Pipe Industries ini.

"Saya melihat Pertamina sudah bergerak cepat untuk menanggulangi insiden kebakaran ini, utamanya berfokus pada korban. Hal ini sudah merupakan prosedur mitigasi ketika kecelakaan terjadi. Namum demikian, perlu ada yang namanya evaluasi sehingga terobosan yang bisa menguatkan aspek HSSE. Jangan sampai kejadian ini bisa terulang kembali, dan perlu diperhatikan jika insiden ini terjadi kembali bagaimana prosuder penyelamatan sebagai standarnya untuk meminimalisir dampaknya," tutup Anggawira yang saat ini juga menjabat sebagai Sekjen BPP HIPMI.

Selain korban jiwa dan luka-luka, insiden ini juga berdampak pada lebih dari 570 warga harus mengungsi dan bergantung pada bantuan yang diberikan PT Pertamina maupun donasi dari berbagai lapisan masyarakat.

Terkait hal ini, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menteri BUMN dan Plt. Gubernur DKI Jakarta untuk mencari solusi, bukan hanya untuk mitigasi insiden, namun juga selanjutnya segera memindahkan depo ke area reklamasi atau merelokasi penduduknya karena lokasi kebakaran kemarin merupakan zona berbahaya.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved