Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

"Menyongsong Ibu Kota Baru, Anak Usaha Krakatau Steel Penuhi Kebutuhan Logistik dengan Perluas Layanan Pandu Tunda Kapal di wilayah IKN"

 


Jakarta - PT Krakatau Bandar Samudera atau sering dikenal Krakatau International Port (KIP) resmi melayani jasa pandu tunda di Balikpapan (07/03).

Dalam peresmian layanan jasa pandu tunda KIP ini dihadiri langsung oleh Deputi Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Thomas Umbu Pati, Staf Ahli Kemenko Marves RI Basilio Dias Araujo, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan & Kesra Pemkot Balikpapan Agus Budi Prasetyo, Kepala Bidang Lalu Lintas KSOP Kelas 1 Balikpapan Wim Pondang Parulian Hutajulu, Direktur Perumda Manuntung Sukses Andi Sangkuru, dan para Agen Kapal dan Terminal Khusus yang ada di Balikpapan.

Berdasarkan data, KIP hingga saat ini telah melayani jasa pandu tunda di beberapa daerah di Indonesia seperti Cilegon, Marunda, Dumai, Jepara, dan Pulau Nipa, serta yang paling terbaru di Balikpapan sebagai Kota penyangga kawasan IKN.

Chief Executive Officer KIP Akbar Djohan, menyampaikan bahwa jasa layanan pandu tunda di wilayah Balikpapan ini bekerja sama dengan Perumda Manuntung Sukses sebagai bentuk komitmen KIP untuk berkolaborasi dengan seluruh Pemerintah Daerah di Indonesia melalui Perusahaan Daerah, dalam mengoptimalkan pelayanan pelabuhan di Daerah demi peningkatan ekonomi daerah berupa peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan PNBP.

"KIP telah melakukan sosialisasi kepada seluruh stakeholder yang ada di wilayah IKN, sehingga saat ini KIP dapat melakukan jasa pemanduan dan penundaan kapal di Balikpapan, PNBP pun telah langsung diterima. Kami saat ini telah memiliki Kantor Pemasaran Bersama Krakatau International Port & Group di Kota Balikpapan," ujar Akbar.

Akbar menambahkan, kedepannya karena telah memiliki kantor di Kota Balikpapan, KIP & Group akan mengembangkan pelayanan di bidang logistik dan kepelabuhanan lainnya untuk mendukung pembangunan IKN.

"Di awal bulan Maret 2023 ini, KIP dan Anak Usahanya telah membantu kegiatan Induk Kami yaitu Krakatau Steel Group dalam pengiriman Pipa Pancang pembangunan IKN, dan Kami juga telah membuka layanan port management di Pelabuhan Buluminung, untuk itu Kami berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Balikpapan, KSOP Kelas 1 Balikpapan, Perumda Manuntung Sukses, INSA Balikpapan, Otorita IKN serta seluruh pihak yang telah membantu kami dalam merealisasikan pelayanan pandu tunda kami dan pelayanan lainnya di Balikpapan. Semoga pelayanan KIP ini dapat memberikan nilai tambah bagi Pemerintah Daerah Balikpapan," tegas Akbar.

Disisi lain, Deputi Pengendalian Pembangunan Otorita IKN, Thomas Umbu Pati, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) membutuhkan keterlibatan semua pihak dalam menyukseskan percepatan pembangunan IKN, agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia segera dapat merasakan dampak positif dari pembangunan IKN ini

"Otorita IKN akan mensupport penuh seluruh industri tanah air khususnya Krakatau International Port dan Group dalam melaksanakan jasa logistiknya selama proses pembangunan IKN, karena masa pembangunan IKN ini peran logistik sangat sentral dalam upaya percepatan pembangunan," kata Thomas.

Kemenkomarves RI pun turut mengapresiasi kerjasama KBS-Perumda Manuntung Sukses Balikpapan bidang jasa pandu-tunda kapal.

“Hari ini KBS dan Perumda Manuntung Sukses sudah memberikan contoh bagus. Negara sudah memberikan peluang melalui IKN, masyarakat yang isi peluang. Memberi kontribusi kepada negara bukan apa yang diberikan negara,” tegas Basilio Dias Araujo.

Dalam acara peresmian layanan KIP di wilayah Balikpapan ini, KIP juga melakukan santunan anak yatim di sekitar Kantor Pemasaran KIP di Kota Balikpapan, sehingga masyarakat juga dapat merasakan dampak positif dari kehadiran KIP ditengah-tengah mereka.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved