Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Baru 1 Hari Dilantik, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Langsung Didemo

Massa dari Aliansi Mahasiswa Sumatera Utara Bersatu berunjuk rasa tolak Penjabat Gubernur Sumut yang baru Agus Fatoni di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (25/6/2024)

 Massa aksi yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa Sumatera Utara Bersatu, berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumut, Selasa (25/6/2024) siang.

Mereka menolak penunjukkan Agus Fatoni sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, yang baru dilantik, Senin (24/6/2024)

Saat berunjuk rasa puluhan massa membawa spanduk, isinya antara lain, 'Sumut Harus Dipimpin Putra Daerah' hingga 'Tolak Gubsu di Luar Sumut'.

Mereka lalu berorasi secara bergantian selama satu jam. Isi orasi menyebut kalau penunjukan Agus Fatoni sarat kepentingan politik, lalu Agus Fatoni juga dinilai tidak paham mengelola pemerintahan di Sumut.

Koordinator aksi, Irham S Rambe juga mempertanyakan alasan Menteri Dalam Negeri melakukan pergantian Pj Gubernur Sumut, menurutnya sejauh ini tidak ada sesuatu yang mendesak.

"Sepertinya tidak ada kepentingan mendesak tentang pergantian Pj Gubsu. Kita menilai pergantian PJ Gubsu ini sarat akan kepentingan politik," ujar Irham saat diwawancarai wartawan usai berunjuk rasa.

Namun Irham tidak mendetailkan kepentingan politik siapa yang dimaksud.

"Ini kan mau dekat Pilkada kita tentunya melihat kondisi sumut ini, kita khawatirkan demokrasi di sumut ini tidak sesuai seperti yang kita harapkan. Apalagi hari ini kita sama-sama tau, kita tidak ingin sampaikan atas nama siapa (kepentingan politik itu), kita tidak ingin demokrasi di Sumut diobrak abrik," tandasnya.

Lalu Irham juga mengatakan kalau pun harus diganti, mengapa bukan putra daerah.

"Kami menilai begitu banyaknya putra putri daerah Sumut yang layak, yang tahu kondisi Sumut ini, kenapa itu tidak diutamakan, kenapa orang luar dijadikan Pj gubernur," katanya.

Irham lalu mengatakan mendapat informasi Agus Fatoni memiliki rekam jejak yang kurang baik saat menjabat sebagai Pj Gubernur Sumsel.

"Ini banyak sekali kita lihat diduga Agus Fatoni menyalahgunakan jabatannya pertama kita melihat saat jadi PJ Gubernur Sumsel itu banyak dugaan jual beli jabatan, kedua kekayaan beliau bertambah," ujarnya

Lalu Irham meyakini kalau Agus Fatoni tidak memahami kondisi pemerintahan di Sumut

"Kita yakin Agus fatoni tidak paham terkait kondisi di Sumut, orang yang tidak paham daerah kita, masak mau kita jadikan pemimpin," tandasnya.

Massa aksi diterima Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut, Poppy Marulita Hutagalung. Dalam kesempatannya Poppy mengatakan akan menyampaikan aspirasi mahasiswa ke pimpinannya.

"Kami akan menerima semua apa yang menjadi keluh kesah yang tadi di sampaikan ke kami. Sekali lagi semua aspirasinya, nanti akan kami terima,"ujarnya

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Agus Fatoni menjadi penjabat (Pj) Gubernur Sumatera di Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Agus Fatoni menggantikan Pj Gubernur Sumut sebelumnya, Hassanudin yang kini menjadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setelah dilantik, mantan Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) ini, berkomitmen melanjutkan roda Pemerintahan Sumut ke arah yang lebih baik.

Sumber Berita / Artikel Asli : kompas

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved