Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Banten International Stadium Juga Layak Jadi Venue Piala Dunia U-17, Begini Perbandingannya dengan JIS




 Jika DKI Jakarta punya stadion megah Jakarta International Stadium atau JIS, maka tetangganya, Provinsi Banteng juga punya stadion yang tak kalah megah. Namanya Banten International Stadium atau BIS.

Stadium bertaraf internasional ini berlokasi di Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten. Peresmiannya pada Senin (9/5/2022) lalu oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

Setelah Jakarta International Stadium diributkan untuk penggunaan pertandingan Piala Dunia U-17, DPRD Kota Serang mendorong Pemprov Banten mengusulkan Banten International Stadium (BIS) menjadi venue alternatif.

Banten International Stadium juga dianggap layak menjadi venue atau lokasi pertandingan Piala Dunia U-17. Piala Dunia U-17 diikuti oleh tim-tim nasional sepak bola dari berbagai negara di seluruh dunia dan bakal bergulir 10 November sampai 2 Desember 2023.

"Pentingnya memanfaatkan infrastruktur olahraga yang ada di Banten untuk acara bergengsi internasional seperti Piala Dunia U-17," kata Wakil Ketua DPRD Kota Serang Hasan Basri, Rabu (12/7.

Menurut dia, BIS juga merupakan salah satu stadion terbaik di wilayah tersebut dan memiliki kapasitas yang memadai untuk menampung pertandingan sepak bola tingkat internasional. "Jika BIS dilirik, keputusan ini juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan promosi pariwisata yang ada di daerah Banten," katanya. 

Pemprov Banten memiliki kesempatan besar untuk memperkenalkan BIS sebagai salah satu stadion bertaraf internasional.

“Sebenarnya momentum kita (masyarakat Banten) untuk mengusulkan BIS sebagai salah satu stadion agar dijadikan perhelatan internasional,” kata Hasan.

Ketua DPD PKS Kota Serang itu juga mengatakan letak stadionnya juga tidak jauh dari Jakarta dan mudah diakses.

Dengan begitu, Pemprov Banten perlu mengambil tindakan untuk mengajukan rencana tersebut kepada otoritas yang berwenang, sehingga hal tersebut, dapat dipertimbangkan.

"Stadion BIS bisa tenggelam jika dibiarkan begitu saja, tanpa ada upaya membenahi serta memperkenalkannya sebagai stadion bertaraf internasional," katanya.

Jakarta International Stadium maupun Banten International Stadium sama-sama mengklaim berstandar internasional. Berikut perbandingan fasilitas dan kemewahan kedua stadion yang terletak di provinsi bertetangga ini.

Lahan dan Bangunan 

Banten International Stadium

Stadion berdiri di atas lahan seluas 60 hektare dengan luas bangunan 78.116 meter persegi. Pembangunan Banten International Stadium atau BIS menghabiskan anggaran dari APBD Banten sebesar Rp874 miliar.

Jakarta International Stadium

Stadion berdiri di atas lahan seluas 22 hektare dengan luas bangunan 375.679 meter persegi dengan bangunan 9 lantai setinggi 73 meter. Pembangunan JIS dengan standar FIFA menggunakan anggaran APBD DKI Jakarta sebesar Rp900 miliar dan bantuan Pemerintah Pusat melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp3,6 triliun.

Kapasitas dan Fasilitas Stadion

Banten International Stadium 

BIS memiliki 30.038 kursi penonton yang terdiri dari 19.124 kursi untuk penonton umum, 532 kursi untuk VIP dan pendamping difabel, 231 kursi untuk VVIP, dan 151 kursi untuk media.

Fasilitas utama stadion antara lain, fasilitas lift menuju lantai dua hingga lantai lima di sisi kiri pintu utama stadion. Terdapat ruangan khusus pemain di sisi kanan yang berfungsi sebagai ruang ganti pemain, ruang istirahat dan kamar mandi.

Media Center juga terdapat di lantai lima beserta ruang kontrol lampu yang menggunakan lampu FOV dengan keistimewaan dapat mengikuti alur musik, ruang kontrol sound system yang menggunakan TOA, hingga scoring board CCTV yang didatangkan dari Italia.

Jakarta International Stadium

JIS memiliki kapasitas 82.000 penonton dengan sistem atap buka-tutup secara otomatis. JIS juga disebut sebagai stadion terbesar di Asia tenggara dengan rancangan pembangunan yang mengacu standar FIFA.

Stadion ini juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP dan ruang ganti yang mewah.

Stadion JIS juga memiliki sky-viewing deck dengan ketinggian 70 meter. Beberapa stadion-stadion ternama dunia seperti di Mercedes-Benz Stadium Atlanta, Amerika Serikat juga menerapkan teknologi ini.

Lahan parkir Stadion JIS mampu menampung 800 mobil VIP dan VVIP dan untuk para pemain ditambah sebanyak 100 bus. (fajar)

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved