Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Terkait Ucapan Anies Tentang Menko Ingin Ubah Konstitusi, Rocky Gerung Yakin Banget Ini Orangnya

 




Pengamat politik Rocky Gerung menanggapi perkataan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan terkait adanya menteri koordinator (Menko) yang ingin mengubah konstitusi Indonesia.

Menurut Rocky Gerung, publik pasti menduga bahwa menko yang dimaksud Anies Baswedan adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Orang pasti menduga-duga dan dugaan itu mengarah pada Pak Luhut pasti itu, lebih mudah, kita cuma menduga aja karena ritmenya kan dari awal begitu, soal 3 periode segala macam," bebernya.

Namun hal tersebut merupakan perkataan politik, tapi tentu konteks yang ingin disampaikan Anies tentang pengubahan konstitusi yaitu wacana penundaan pemilihan umum (Pemilu).

"Tapi ini kan pernyataan politik dan tentu di belakangnya ada konteksnya, apa konteksnya, Anies mengucapkan mengubah konstitusi itu," ujarnya dikutip dari YouTube Rocky Gerung Official, Jumat (17/3).

"Tentu kata khusus di bawah di istana dan semua kita dengar, dan mau kita yakinkan bahwa konteksnya pasti soal penundaan gitu yang terus-menerus di selenggarakan diupayakan oleh istana," sambungnya.

Penundaan Pemilu bisa dilakukan jika peraturan perundang-undangan diubah, karena dalam konstitusi pemilihan umum wajib diadakan dalam jangka waktu 5 tahun sekali.

"Dan penundaan itu karena konstitusi kita mengatakan secara periodik harus ada pemilihan 5 tahun sekali, itu artinya masti ada perubahan di situ," tandas Rocky.

Sebelumnya, bakal calon presiden Anies Baswedan mengatakan tantangan dan dinamika untuk mengembalikan spirit serta nilai bangsa Indonesia begitu besar.

Menurut Anies, hal itu tercermin dari perasaan banyak orang mengenai kualitas demokrasi.

Anies mengaku kerap mendapatkan banyak pertanyaan ihwal kualitas demokrasi Indonesia.

Dia menyebut orang-orang yang tidak berkomitmen terhadap demokrasi lah yang saat ini lebih berani mengungkapkan pikirannya.

“Saya ulang, mereka yang tidak komit pada prinsip demokrasi, sekarang lebih berani mengungkapkan pikirannya,” kata Anies saat berpidato dalam acara Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan Lintas Tokoh KAHMI di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 16 Maret 2023.

Ia mengaku tidak pernah membayangkan seorang Menteri Koordinator membicarakan ihwal gagasan mengubah konstitusi.

Menurut Anies, orang-orang yang tidak komit pada demokrasi inilah yang mesti dilawan.

“Kok ada orang yang berada dalam posisi kunci, Menko, mengatakan mengubah konstitusi dengan jumlah orang seberapa banyak yang mau mendukung,” kata Anies.

Anies menjelaskan, yang dilawan bukanlah orangnya. Ia menyebut perlawanan mesti dilakukan terhadap wacana mengubah konstitusi itu demi menyelamatkan semangat reformasi.

“Karena kalau tidak, maka (semangat reformasi) akan rusak,” ujarnya.

Saat ditemui usai acara, Anies enggan menjelaskan secara eksplisit siapa Menko yang dimaksud.

“Ya sudah, itu yang saya katakan,” kata Anies Baswedan.

Sumber Berita / Artikel Asli : NW Wartaekonomi

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved