Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

IMB Tanah Merah Dijadikan Kambing Hitam Penyebab Kebakaran Depo BBM Plumpang, Anies Ungkap Cerita di Baliknya


 Akun Twitter Andi Sinulingga mengunggah video lawas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kawasan. 

Video tersebut diunggah di tengah-tengah IMB kawasan Tanah Merah Plumpang yang tengah disorot pasca kebakaran depo BBM Plumpang. Anies dianggap ikut bertanggung jawab atas kebakaran tersebut karena memberikan IMB kawasan pada warga Tanah Merah Plumpang. 

Di dalam video tersebut, Anies menyinggung soal regulasi tanah yang ada. Menurutnya, sebagai pejabat mesti mengutamakan tanah untuk rakyat.

“Regulasi soal tanah, kita harus melihat apa yang kita miliki sebagai tanah ini sebagai tanah untuk seluruh rakyat,” ujar Anies, dikutip WE NewsWorthy dari akun Twitter Andi Sinulingga pada Selasa (7/3/2023).

Salah satu bentuk keberpihakannya pada rakyat yaitu dengan menerbitkan IMB kawasan yang diberikan pada warga Tanah Merah Plumpang.

IMB kawasan tersebut diberikan sebagai jalan terobosan karena persoalan pertanahannya belum selesai sehingga diberi IMB kawasan.

“Ini yang seringkali menjadi tantangan kita. Regulasi-regulasi kita terkait dengan tanah. Karena itu kenapa kemarin ada IMB kawasan itu kan jalan terobosan di saat persoalan pertanahannya belum bisa selesai padahal kita tahu bahwa sejarahnya tanah itu tidak dibeli oleh kolonial dari rakyat,” ujar Anies.

Anies mengatakan berdasarkan sejarahnya, tanah-tanah seperti itu dirampas dari rakyat pada masa penjajahan. Namun, setelah penjajah pergi, tanah tersebut menjadi milik negara.

Padahal, rakyat sudah lama menempati suatu kawasan. Sehingga, perlu ada solusi untuk permasalahan tanah tersebut.


“Tanah itu diambil begitu saja oleh penjajah lalu setelah penjajah pergi pencatatannya dipindah dari catatan di milik kolonial pindah menjadi milik republik/negara, nah di situ rakyat tuh tinggal. Nah ini perlu ada solusi,” jelas Anies.


Sumber Berita / Artikel Asli : NWWartaekonomi

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved