Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mahfud Sindir Proyek IKN: Oh Sampai Saat Ini Belum Ada Investor ya?

  Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengomentari pengakuan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang menyatakan belum ada investor asing yang masuk ke Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Mahfud yang juga merupakan calon wakil presiden nomor urut 03 pada Pilpres 2024 turut meminta kejelasan pemerintah dalam membuat target pembangunan, termasuk soal pemindahan aparatur sipil negeranya (ASN) pasca pelaksanaan 17 Agustus di IKN, supaya jelas jadi tidaknya proyek itu.

"Oooh, sampai saat ini belum ada ya? Cari terus, Mas Bahlil. Setelah 17 Agustus itu perlu jelas deadline-nya. Bisa 6 bulan lagi, bisa 2 tahun lagi, bahkan bisa entah sampai kapan," ucap Mahfud dikutip dari akun X @mohmahfudmd, Rabu (12/6/2024).

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengakui investor asing hingga kini belum masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ia menjelaskan, belum masuknya investor asing itu dikarenakan proyek IKN baru membutuhkan penanaman modal dari dalam negeri untuk pembangunan tahap I, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Kalau ditanya kenapa belum ada investasi asing, desain kita itu klaster pertama ini selesai di lingkaran I (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan/KIPP IKN), baru masuk investasi asing di lingkaran II," dalih Bahlil dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Selasa (11/6).

"Sekarang belum mereka (investor asing) bisa lakukan (investasi di IKN) karena infrastruktur di lingkaran I belum selesai 100 persen. Sekarang kami lakukan percepatan," tambahnya.

Kendati begitu, Bahlil juga saat itu membantah apa yang dibangun di ibu kota baru Indonesia itu kini masih sebatas memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia menegaskan proyek-proyek yang ada di IKN juga bagian dari investasi lokal.

Bahlil mengaku progres pembangunan sarana dan prasarana di sana sudah hampir rampung. Hal itu saksikan saat berkunjung ke IKN pekan lalu.

"Seminggu lalu saya baru pulang dari sana. Hotel sudah hampir jadi, rumah sakit hampir jadi, beberapa gedung-gedung untuk sarana prasarana mendasar juga sudah hampir jadi. Itu adalah investasi semuanya, dalam negeri, di luar APBN," tutupnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved