Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Israel Kewalahan Lawan Hamas, Pertempuran Sengit Pecah di Seluruh Gaza

 

Pertempuran sengit terjadi di sebagian besar wilayah utara Gaza yang hancur pada Minggu (12/5/2024), dengan pengeboman besar-besaran dan serangan udara dilaporkan ketika pasukan Israel menyerang militan Hamas di daerah yang telah berulang kali terjadi pertempuran.

Para analis menilai bentrokan baru ini menggarisbawahi kegagalan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengamankan sebagian besar wilayah tersebut, setelah operasi militer yang menyebabkan kehancuran besar-besaran, menyebabkan sekitar 2 juta orang mengungsi dan kematian sekitar 35.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Bentrokan juga dilaporkan terjadi di selatan Gaza, di mana puluhan ribu orang meninggalkan kota Rafah pada Minggu, menyusul pengeboman dan peringatan dari IDF untuk membersihkan lingkungan tengah dan timur sebelum serangan yang direncanakan.

Pejabat bantuan di sana yakin jumlah total orang yang telah meninggalkan kota itu mungkin sekitar 350.000 orang.

"Jalanan yang dulunya dipenuhi [orang] yang tinggal di tenda-tenda darurat, sebagian besar tenda-tenda tersebut telah dibongkar dan orang-orang mengungsi. Area di sekitar gedung PBB [di pusat kota] tidak dapat dikenali… semua orang yang mencari perlindungan di sana telah melarikan diri," kata James Smith, seorang petugas medis Inggris yang saat ini berada di Rafah, dilansir The Guardian.

Di utara, para pejabat militer Israel mengatakan pasukan beroperasi di kamp Jabaliya dan Zeitoun, sebelah timur Kota Gaza, serta di ujung utara wilayah tersebut di Beit Hanoun dan Beit Lahiya.

Hamas, yang merebut kekuasaan di Gaza pada 2007, telah mampu menerapkan kembali otoritasnya di banyak wilayah di wilayah tersebut dalam beberapa bulan terakhir, mengendalikan pasar, menjalankan pengadilan Islam, dan mengintimidasi lawan-lawannya.

Militan telah menggunakan sisa terowongan untuk menyergap pasukan Israel dan terus menembakkan roket ke Israel.

"Kami mengidentifikasi upaya Hamas dalam beberapa minggu terakhir untuk merehabilitasi kemampuan militernya di Jabaliya. Kami beroperasi di sana untuk menghilangkan upaya-upaya tersebut," kata Laksamana Daniel Hagari, juru bicara militer Israel.

Upaya Israel sebelumnya untuk menghentikan Hamas membangun kembali pasukannya di Zeitoun terjadi pada Maret.

Para saksi mata menggambarkan serangan udara dan tembakan artileri yang hampir terus menerus terjadi.

"Bombardir dari udara dan darat belum berhenti sejak kemarin, mereka melakukan pengeboman dimana-mana, termasuk di dekat sekolah yang menampung warga yang kehilangan tempat tinggal. Perang dimulai kembali, beginilah kelihatannya," kata Saed, warga Jabaliya.

Abdel-Kareem Radwan, seorang warga Palestina berusia 48 tahun di Jabaliya menggambarkan pemboman yang intens dan terus-menerus sejak tengah hari Sabtu sebagai "kegilaan".

Ribuan orang mencari transportasi langka dan mahal untuk menghindari pertempuran, dengan pemandangan kacau di jalan-jalan yang padat.

Hagari juga mengatakan bahwa pasukan Israel yang beroperasi di Zeitoun, telah membunuh sekitar 30 militan Palestina.

Belum ada konfirmasi independen mengenai klaim tersebut, maupun laporan dari pejabat kesehatan setempat mengenai banyaknya korban sipil.

Tarik Pasukan
Karena alasan ekonomi, politik dalam negeri, dan diplomatik, Israel telah menarik sebagian besar pasukannya dari Gaza, namun tetap menempatkan pasukannya yang kuat di sepanjang jalan baru yang dibangun pasukannya untuk membagi dua wilayah di selatan Kota Gaza.

Media Israel semakin kritis terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu karena gagal menguraikan proposal praktis untuk pemerintahan baru di Gaza.

Hal ini telah meninggalkan kekosongan keamanan yang anarkis yang membantu Hamas mendapatkan kembali kekuasaannya atas sebagian wilayah dan penduduknya.

Yedioth Ahronoth, melaporkan pada hari Minggu bahwa para pejabat militer Israel telah menuntut perdana menteri untuk membuat keputusan tentang "hari setelahnya" di Gaza.

Ben Caspit, seorang kolumnis, mengatakan Israel "akan terus membayar harga dengan darah, keringat dan banyak air mata sehingga kita tidak akan pernah bisa mencapai apapun…. karena rezim Hamas tidak dapat digulingkan tanpa menyiapkan alternatif pengganti rezim tersebut."

Adapun lebih dari 270 tentara Israel tewas dalam serangan tersebut sejauh ini.

Ada pula kekhawatiran mengenai dampak diplomasi yang harus dibayar oleh Israel, meskipun janji Netanyahu baru-baru ini bahwa negaranya akan "berdiri sendiri" jika perlu diterima oleh banyak warga Yahudi Israel dan dukungan terhadap perang tersebut masih kuat.

Peringatan Mesir
Serangan Israel di Rafah juga mendapat peringatan dari Mesir, di mana para pejabat mengatakan hal itu membahayakan perjanjian perdamaian negara tersebut yang telah berusia puluhan tahun dengan Israel dalam bahaya.

Pada Minggu malam, Kairo mengatakan pihaknya bermaksud untuk secara resmi bergabung dalam kasus Afrika Selatan melawan Israel di pengadilan internasional.

Perang dimulai ketika Hamas menyerang Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 250 orang lainnya.

Mereka masih menahan sekitar 100 tawanan dan lebih dari 30 lainnya, dan pembicaraan yang dimediasi secara internasional mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera tampaknya terhenti.

Netanyahu mengatakan Rafah adalah benteng terakhir Hamas, dan bahwa Israel hanya dapat mencapai tujuan perang dengan membunuh militan dan pemimpin di kota tersebut, memastikan tidak ada ancaman lebih lanjut terhadap Israel dari Gaza dan memulangkan sandera.

Masuknya Israel ke Rafah telah memicu kemarahan global dan memperburuk hubungan dengan AS, sekutu setia Israel.

Volker Turk, komisaris tinggi PBB untuk hak asasi manusia, mengatakan bahwa serangan besar-besaran Israel terhadap Rafah "tidak dapat terjadi", dan menegaskan bahwa serangan tersebut tidak dapat diselaraskan dengan hukum internasional.

"Perintah evakuasi terbaru ini berdampak pada hampir satu juta orang di Rafah. Jadi kemana mereka harus pergi sekarang? Tidak ada tempat yang aman di Gaza! Orang-orang yang kelelahan dan kelaparan ini, banyak di antaranya telah mengungsi berkali-kali, tidak mempunyai pilihan yang baik."

Israel telah memerintahkan mereka yang melarikan diri dari pertempuran baru di utara dan Rafah untuk menuju ke "zona kemanusiaan" yang ditetapkan di sepanjang garis pantai.

Namun wilayah tersebut sudah penuh dengan pengungsi dalam jumlah besar dan memiliki ketersediaan air, sanitasi, fasilitas kesehatan, atau makanan yang terbatas.

Sumber Berita / Artikel Asli :CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved