Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Anggaran Makan Siang Gratis Rp460 Triliun, Dari Mana?

 

Capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran menyebut butuh anggaran sekitar Rp460 triliun untuk program makan siang gratis dan susu gratis. Pihaknya akan mengeluarkan anggaran subsidi BBM dan juga menaikkan rasio pajak untuk menjalankan program unggulan makan gratis itu.

Ekonom Universitas Indonesia sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal menyebut, rencana ekspansi fiskal yang dicetuskan Prabowo-Gibran berpotensi membuat APBN menanggung defisit hingga Rp686 triliun.

“Kita tidak hanya bicara makan siang gratis, tapi ada tunjangan guru dan seterusnya juga dari pembelanjaan alutsista. Itu bisa mencapai Rp686 triliun defisit (APBN) kita pada tahun 2025. Itu setara dengan 2,7 sampai 2,9% defisit yang hampir melampaui batas maksimal ambang batas dari keuangan negara ya,” jelas Fithra dalam tayangan Zona Bisnis, Metro TV, Rabu 21 Februari 2024.

Relokasi anggaran, sebut Fithra, menjadi hal yang krusial. Ia juga menyoroti rencana relokasi anggaran subsidi BBM ke program makan siang gratis justru akan menimbulkan potensi inflasi.

Fithra menjelaskan, subsidi BBM sejatinya memang tidak produktif. Namun, nilai produktifitas subsidi tersebut akan jauh lebih rendah jika dialihkan ke program makan siang gratis.

“Karena makan siang gratis itu dampaknya lebih jangka menengah panjang. Artinya ketika itu dilakukan maka hati-hati ada potensi inflasi,” kata Fithra.

Fithra menyarakan pihak Prabowo-Gibran fokus pada upaya menaikkan tax rasio . Meski hal tersebut juga bukan perkara mudah.

“Untuk mencapai kenaikan tax rasio 1% ya, sekarang 10% misalnya dimasukkan jadi 11%, itu juga agak sulit. Karena kita butuh tax reform dan tax buoyancy ,” kata Fithra.

SUmber Berita / Artikel Asli : metro tv

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved