Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

SEGERA! MK Gelar Sidang Gugatan Usia Capres-Cawapres Maksimal 70 Tahun, Prabowo Was-Was?

 SEGERA! MK Gelar Sidang Gugatan Usia Capres-Cawapres Maksimal 70 Tahun, Prabowo Was-Was?

Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang pernah dijajah. Dan yang paling terkenal siapa yang paling lama menjajah adalah negara Belanda yakni 350 tahun.

Namun ternyata Belanda tak selama itu menjajah Indonesia, 350 tahun dijajah itu rupanya hanyalah mitos.

Meski dulu Presiden Soekarno sempat mengatakan Indonesia dijajah selama 350 tahun, ternyata itu hanya sebagai dalih untuk membangkitkan semangat perjuangan rakyat mempertahankan kemerdekaan.

Belanda mulai menancapkan kukunya pada tahun 1596 melalui ekspedisi pelayaran yang dipimpin oleh Conelis de Hotman. Ia pertama kali datang ke Banten untuk urusan perdagangan.

Dan dari sana de Hotman mulai memahami adat istiadat di nusantara. Persaingan dan kekuatan de Hotman memberikan pengaruh besar terhadap perdagangan.

Monopoli perdagangan pun dimainkan de Hotman di daerah tersebut. Namun sayangnya dalam ekspedisi tersebut banyak awak kapal yang ditangkap dan ditahan sehingga de Hotman harus membayar denda.

Kemudian kapal Belanda itu pun lanjut berlayar ke Bali pada 26 Februari 1597. Setelah itu mereka kembali ke Belanda pada Agustus ditahun yang sama.

Pada 1598 de Hotman kembali berlayar ke Hindia Timur, namun dalam ekspedisi ini ia tewas digelada kapal pada perang Inong Bali melawan Aceh.

Dan ekspedisi pertama dan kedua de Hotman ini pun gagal total. Lewat peristiwa ini maka pada 1596 bukan mulai menjajah Indonesia, melainkan pertama kali mendarat di Nusantara.

Sejarawan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yeri Wirawan, mengatakan pernyataan Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun hanya bagian dari cara para tokoh pejuang untuk membakar semangat rakyat.

350 tahun menjajah juga telah dibantah oleh G.J Resink, seorang ahli hukum Belanda, bahwasannya hal tersebut tidak terlalu tepat.

Hindia Belanda berusaha terus melakukan konsolidasi kekuasaan dari satu tempat ke tempat lainnya, akan tetapi tentu saja upaya ini tidak mudah bagi Belanda karena berbagai perang melawan kolonialisme terus berkobar di Bumi Pertiwi ini.

Seperti perang Seledri di Sumatera Barat pada 1821 hingga 1837, Perang Diponegoro di Jawa Tengah pada tahun 1825 hingga 1830, dan Perang Aceh pada tahun 1873 hingga 1907.

Sementara itu berakhirnya kekuasaan Belanda di Indonesia setelah menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada 8 Maret 1942. Adapun Aceh baru ditaklukan oleh Belanda pada 1912, Bali baru dikuasai pada 1905, dan Tapanuli tahun 1907.

Dengan begitu Belanda diperkirakan menjajah Aceh selama 30 tahun, Bali selama 37 tahun, dan Tapanuli selama 35 tahun.

Kesimpulan dari pernyataan yang menyebutkan bahwa Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun tentu tidak tepat.

Hal tersebut juga didukung dengan tidak ada kota-kota di Indonesia yang benar-benar dijajah oleh Belanda selama 3,5 abad itu.

Sumber Berita / Artikel Asli : Hops

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved