Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Direstui dan Didukung Kakak Kandungnya, Gus Baha Ajak Anies Baswedan Kunjungi Rumah Peninggalan Leluhur

 


Anies Baswedan diam-diam bertemu dengan KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha di Ponpes Tahfidzul Quran LP3IA Narukan, Rembang, Jawa Tengah. Silaturahmi Anies ke Ponpes Narukan merupakan yang pertama kalinya.

Dalam silaturahmi tertutup itu, Anies juga sempat diajak Gus Baha mengunjungi rumah geladak, yakni rumah peninggalan leluhur Gus Baha yang berusia ratusan tahun.

“Iya, Pak Anies (Anies Baswedan) bersilaturahmi ke Ponpes Narukan, bertemu Gus Baha dan sempat diajak ke rumah geladak,” ujar KH Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin kakak kandung Gus Baha dikonfirmasi melalui telepon Jumat (14/4/2023).

Lokasi rumah geladak berada satu komplek dengan pesantren. Sebagai peninggalan leluhur berumur ratusan tahun, rumah geladak dianggap sebagai kediaman yang sakral, terutama bagi dzuriyah Ponpes Narukan.

Bukan hanya lantaran berbahan kayu jati lawas, tapi di sana tersimpan banyak cerita sejarah. 

Di rumah itu, Rois Aam Syuriah PBNU ke-8 almarhum KH Sahal Mahfudz sewaktu masih kecil pernah diasuh Nyai Fatimah, nenek Gus Baha.

Karenanya tidak semua tamu di Ponpes Narukan bisa mengunjungi rumah geladak.

Ada keyakinan di lingkungan pesantren Narukan, mereka yang pernah belajar di rumah geladak akan menjadi tokoh yang alim.

Oleh Gus Baha, Anies Baswedan diajak mengunjungi rumah geladak.

Sebelumnya, keduanya berbincang di Tegal, yakni salah satu lokasi di pesantren Narukan, tempat di mana Gus Baha biasa menulis kitab dan mutholaah. 

Menurut Gus Mahasin, pertemuan Anies dan Gus Baha berlangsung gayeng.

Dalam diskusi itu keduanya lebih banyak memperbincangkan soal Keislaman dan Keindonesiaan.

“Pertemuan berlangsung gayeng, kurang lebih 2,5 jam,” ungkap Gus Mahasin selaku Pimpinan Pengasuh Ponpes Tahfidzul Quran Narukan dan Ketua Dewan Masayikh.

Dalam silaturahmi itu Anies Baswedan sempat salat berjamaah bersama para santri Ponpes Narukan.

Anies juga berziarah ke makam orang tua Gus Baha, yakni KH Nursalim al-Hafidz dan Nyai Yuchanidz Nursalim.

Di depan pusara orang tua Gus Baha, Anies khusyuk berdoa. 

Kemudian juga menziarahi makam Gus Rouf Nursalim, yakni kakak kedua Gus Baha yang pernah menjadi mudir (pimpinan pesantren) Ma’had Aly Pesantren MUS Sarang, asuhan KH Abdurrahim Ahmad.

“Saya selaku pimpinan pondok pesantren menghaturkan terima kasih kepada Pak Anies yang sudah bersilaturahmi ke Ponpes Narukan,” pungkas Gus Mahasin.

Seperti diketahui, akhir tahun lalu, Gus Mahasin mengajak para kiai dan santri di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, untuk memberikan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

“Kiai-santri harus kompak. Pilihan kita ya Pak Anies (Anies Baswedan),” ujar Gus Mahasin dalam acara Halaqah Kebangsaan di Ponpes Ath-Thohirin, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu.

Dalam Halaqah Kebangsaan yang digelar sebagai peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 tersebut, Gus Mahasin menjelaskan alasan mendukung Anies Baswedan sebagai capres dalam Pilpres 2024. 

Yakni, Anies dikenal sebagai sosok islami, amanah, dan memiliki visi masa depan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ajakannya saat ini bukanlah kampanye. Sebab koalisi partai politik pengusung Anies Baswedan hingga saat ini belum final.

Selain itu, bisa saja kalangan lain memiliki dukungan calon lain.

Gus Mahasin mengibaratkan ajakannya tersebut baru tarhim, yakni solawat yang dikumandangkan umat Islam sebelum adzan. Dari tarhim, fase berikutnya adalah adzan.

Adapun, fase adzan, menurutnya, ditandai jika Anies Baswedan telah resmi mendaftar sebagai capres pada Pemilu 2024 di KPU RI.

Pada saat itu, lanjut Gus Mahasin, maka saatnya semua elemen santri, kiai, dan ulama untuk merapatkan barisan.

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved