Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Terseret Kasus Rafael Alun, Arif Budi Sulistyo Adik Ipar Jokowi Ternyata Pernah Tersandung Kasus Suap


Nama adik ipar Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Arif Budi Sulistyo, terseret pusaran kasus Rafael Alun Trisambodo.

Arif dikenal dekat dengan Wahono Saputro, Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur, yang diperiksa KPK, Selasa (14/3/2023).

Lantas seperti apakah sepak terjang Arif Budi Sulistyo, pengusaha sekaligus adik ipar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini? Berikut ulasannya.

Arif Budi Sulistyo beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan karena terseret dalam kasus suap.

Pada 2017 silam, nama Arif Budi Sulistyo disebut dalam surat dakwaan jaksa KPK terhadap Country Director PT Eka Prima Ekspor Indonesia, Ramapanicker Rajamohanan Nair.

Dilansir Kamis, 26 Mei 2022, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang sedang menelisik peran Arif dalam kasus dugaan suap kepada kepada Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil pada Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan bernama Handang Soekarno.

Rajamohanan didakwa menyuap Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Handang Soekarno, sebesar Rp 1,9 miliar.

KPK mengakui Arif Budi Sulistyo terlibat dalam beberapa rangkaian kejadian yang dijelaskan dalam surat dakwaan tersebut.

Arif ditengarai bertindak sebagai penghubung 

"Nama Arif Budi Sulistyo diduga sebagai mitra bisnis terdakwa dan diduga mengenal pihak-pihak di Direktorat Jenderal Pajak," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (14/2/2017) silam.

Dalam surat dakwaan, Arif diduga kenal dan berhubungan baik dengan Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus Muhammad Haniv.

Arif juga disebut pernah mengadakan pertemuan dengan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, terkait persoalan pajak PT EKP.

Menurut Febri, keterlibatan Arif dalam perkara suap akan dibuktikan secara lebih jelas dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Jaksa KPK juga akan membuktikan hubungan Arif dengan Muhammad Haniv.

"Termasuk apakah ada komunikasi yang membahas tax amnesty atau terkait kewajiban pajak PT EKP. Kami akan buktikan lebih jauh posisi yang bersangkutan dengan pertemuan yang dihadiri Dirjen Pajak," kata Febri.

Sengaja nama Arif tak diumumkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui bahwa pemeriksaan Arif Budi Sulistyo dalam penyidikan kasus suap pejabat Direktorat Jenderal Pajak, tidak diumumkan kepada publik.

Dikutip dari kominfo.go.id, kasus suap yang menimpa adik ipar Jokowi, Arif Budi Sulistyo, yang terjadi pada tahun 2017 telah ditangani oleh KPK.

Disebutkan, Presiden Jokowi bahkan menegaskan dirinya tidak ingin mencampuri urusan penegakan hukum yang ditangani oleh KPK waktu itu dan menghormati setiap proses hukum yang dilakukan komisi pemberantasan korupsi tersebut terhadap adik iparnya itu.


Sumber Berita / Artikel Asli : Haluan

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved