Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Survei PWS: Ganjar Terfavorit Dampingi Prabowo, Puan dan Muhaimin?



 
JAKARTA -- Hasil survei Political Weather Station (PWS) di bulan Maret 2023 memunculkan nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai kandidat cawapres terfavorit mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.


Peneliti PWS, Sharazani menyampaikan hasil tersebut diketahui setelah pihaknya menanyakan kepada responden tentang sosok yang dianggap cocok mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.


“Pasangan Prabowo-Ganjar bahkan jauh lebih difavoritkan publik daripada pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan,” kata Peneliti Senior PWS, Sharazani MA dalam paparan hasil surveinya secara daring, Selasa (14/3/2023).


Sharazani menjelaskan, dalam survei kali ini PWS membuat beberapa simulasi pasangan capres-cawapres.


Pertama dibuat simulasi siapakah cawapres yang dinilai cocok mendampingi tiga capres papan atas yakni Prabowo, Ganjar dan Anies.


Kemudian PWS membuat simulasi apabila capres diikuti tiga pasang kandidat.


"Hasil survei PWS ini menunjukkan bahwa sebanyak 24,5% publik menyebut nama Ganjar Pranowo sebagai sosok yang paling cocok menjadi Cawapres pendamping Prabowo Subianto," kata Sharazani dalam paparan hasil surveinya secara daring, Selasa (14/3/2023).


Sementara, di peringkat kedua diisi oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dengan perolehan angka sebesar 15,6%.


Disusul, Sandiaga Uno sebesar 12,8%, Erick Thohir sebesar 11,2% dan Khofifah Indar Parawansa sebesar 10,1%.


"Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan politisi senior PDI Perjuangan, Puan Maharani hanya disebut oleh kurang 2% responden," ujarnya.


Lantas ketika pertanyaan yang sama diajukan kepada responden, siapakah yang paling cocok menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo, sebanyak 21,5% responden menyebut nama Ridwan Kamil, disusul Sandiaga Uno (16,3%) dan Erick Thohir (12,8%).


“Sedangkan siapa tokoh yang dinilai paling pantas menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan, sebanyak 19,9% responden menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),” jelas dia.


Menurut Sharazani, berdasarkan hasil survei PWS, calon pemilih atau konstituen PDI Perjuangan cenderung menjatuhkan pilihannya pada pasangan Prabowo-Ganjar.


“Ketika PWS membuat analisis secara cross-tabulation antara pasangan yang dipilih dan partai yang dipilih, sebanyak 55,6% pemilih PDI Perjuangan menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Ganjar. Kemudian 14,2% mengaku akan memilih pasangan Anies-AHY dan sebanyak 11,3% memilih pasangan Airlangga-Erick. Sisanya, sebanyak 18,9% pemilih PDI Perjuangan belum dapat mengambil keputusan (undecided),” urai dia.


Untuk diketahui, survei PWS ini dilaksanakan pada tanggal 3-10 Maret 2023 di 34 Provinsi Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan pedoman kuisioner.


Adapun, jumlah sampel yang ditentukan dalam survei ini sebanyak 1.200 responden yang telah dipilih melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (Systematic random sampling). Sementara, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,83%, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.



Sumber Berita / Artikel Asli: Fajar 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved