Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Dicari-cari Anggota DPR saat Rapat Bahas Transaksi Janggal Rp 349 Triliun: ke Mana Sri Mulyani?


 Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani dipertanyakan kehadirannya saat Komisi III DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) mengenai transaksi janggal di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senilai Rp 349 triliun bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

Lalu, mengapa Sri Mulyani tidak hadir dalam RDP hari ini?

Wakil Ketua Komisi III, Adies Kadir mendapat informasi jika Sri Mulyani tengah berada di Bali untuk memimpin rapat mengenai kondisi ekonomi tingkat ASEAN.

"Terkonfirmasi hari ini Ibu Sri Mulyani memimpin rapat dengan menteri ekonomi se-ASEAN di Bali, jadi ini satu tugas negara yang tidak mungkin juga beliau wakilkan," ujar Adies di ruang rapat kompleks Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2023).

Adies mengatakan Sri Mulyani sebelumnya juga sudah mengadak rapat bersama Komisi IX DPR RI. Dia meminta para anggota yang ingin mendengar keterangan Sri Mulyani dapat memutar kembali rekaman rapat tersebut.

"Seperti kita ketahui juga bawha Ibu Sri mulyani kemairn sudah memberikan pernyataan-penyataaan di Komisi IX dan rekaman-rekamannya juga sudah kami terima, nanti kami bisa putarkan," ujar Adies.

Adies menyampaikan apabila nantinya dirasa perlu mendengar keterangan langsung dari Sri Mulyani, maka Komisi III DPR akan menggelar rapat lanjutan.

"Terkait dengan klarifikasi, manakala nanti dibutuhkan kehadiran anggota TPPU dalam hal ini Ibu Sri Mulyani, kita bisa melaksanakan rapat lengkap kembali," ujar dia.

Sri Mulyani Absen

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mempertanyakan absennya Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat dengar pendapat di Komisi III DPR bersama Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan TPPU. Sejatinya Sri Mulyani diharapkan datang sebagai anggota Komite.

Adapun Menkopolhukam Mahfud MD dan Kepala PPATK Ivan Yustivandana sudah hadir di ruangan. Mereka berdua hadir dalam kapasitas sebagai ketua dan sekretaris Komite Nasional Pencegahan dan Pemberantasan TPPU.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni kemudian menanggapi interupsi Habiburokhman yang ingin mengkonfirmasi perihal absennya Sri Mulyani.

"Ya jawabannya sebenarnya Bu Sri Mulyani ada kegiatan lain. Cuma karena pak ketua komite sudah hadir mungkin di kesempatan lain kalau memang Bu Sri Mulyani akan dijadirkan di kesempatan lain nanti akan kita undang," kata Sahroni.

"Tapi hari ini, dalam forum ini kita semua pengen informasi isu Rp349 tilrilun ini akan lebih dalam untuk kita sikapi. Agar publik tidak bertanya-tanya," ujarnya.

Menanggapi Sahroni, Habiburokhman menyatakan seberapa pentingnya kehadiran Sri Mulyani dalam rapat hari ini. Mengingat persoalan mengenai transaksi Rp 349 Triliun tidak terlepas daei Sri Mulyani.

"Justru itu pimpinan. Kemarin dialog kita adalah ingin mencari kejelasan di hari ini. Karena itu kan karena persoalan ini menyangkut keterangan tiga pihak Pak Mahfud, Ibu Sri Mulyani dan pak Kepala PPATK karena ini pentingnya kehadiran Ibu Sri Mulyani hari ini. Ada kegiatan lain, kegiatan apa gitu lho," tanya Habibrokhman.

Sahroni kemudian menyampaikan informasi tentang kegiatan lain yang sedang dijalankan Sri Mulyani berkaaitan dengan pertemuan agenda ekonomi.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved