Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bagaimana Surat Perintah Penangkapan Putin Mempengaruhi Rusia, Cina, Amerika dan Ukraina?


 Rencana Presiden Cina, Xi Jinping, untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Moskow sejak hari ini menegaskan aspirasi Cina untuk berperan lebih besar di panggung dunia. Rencana ini memang sedikit menghadapi kendala, tatkala beberapa jam setelah pengumuman Xi untuk berkunjung ke Moskow itu diikuti keluarnya surat perintah penangkapan internasional untuk Putin atas tuduhan kejahatan perang.

Sibuknya perkembangan–yang mengikuti peran Cina sebagai mediator kesepakatan antara Arab Saudi dan Iran untuk melanjutkan hubungan diplomatic, serta keluarnya komitmen yang disebutnya sebagai “rencana perdamaian” untuk Ukraina-– terjadi ketika pemerintahan Biden mengawasi dengan hati-hati langkah Beijing untuk menegaskan diri lebih kuat dalam urusan internasional.

Presiden AS, Joe Biden, pada Jumat lalu mengatakan dirinya yakin keputusan Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag untuk menuntut Putin itu “dibenarkan”. Berbicara kepada wartawan saat dia meninggalkan Gedung Putih menuju rumahnya di Delaware, dia mengatakan Putin “jelas melakukan kejahatan perang.”

Sementara AS sendiri tidak mengakui pengadilan tersebut, Biden mengatakan hal itu “membuat poin yang sangat kuat” untuk memanggil pemimpin Rusia atas tindakannya memerintahkan invasi ke Ukraina.

Pejabat AS lainnya secara pribadi menyatakan kepuasan bahwa badan internasional telah setuju dengan penilaian Washington bahwa Rusia telah melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Ukraina.

Ditanya tentang pertemuan Xi-Putin, Biden berkata, “Baiklah, kita lihat saja kapan pertemuan itu berlangsung.”

Pemerintahan Biden percaya keinginan kuat Cina untuk dilihat sebagai perantara perdamaian antara Rusia dan Ukraina, saat ini dapat dilihat lebih kritis karena Putin secara resmi menjadi tersangka kejahatan perang. Hal itu menurut dua pejabat pemerintah AS kepada AP. Para pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara masalah ini secara terbuka, mengatakan pemerintah berharap surat perintah itu akan membantu memobilisasi negara-negara netral untuk lebih mempertimbangkan dampak konflik tersebut.

Berikut ini beberapa tinjauan terhadap pertemuan Xi-Putin dan bagaimana pengaruh surat perintah penangkapan tersebut.

APA PENTINGNYA PERTEMUAN XI DENGAN PUTIN? 

Kunjungan ke Rusia akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Xi sejak terpilih untuk masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai presiden Cina. Itu terjadi ketika Beijing dan Moskow telah mengintensifkan hubungan dalam langkah-langkah yang dimulai tak lama sebelum invasi Rusia ke Ukraina, yang ditandai dengan pertemuan antara kedua pemimpin di Beijing selama Olimpiade Musim Dingin tahun lalu. Saat itu keduanya menyatakan kemitraan “tanpa batas”.

Sejak itu, Cina telah berulang kali memihak Rusia dalam memblokir tindakan internasional terhadap Moskow untuk konflik Ukraina dan, kata pejabat AS, sedang mempertimbangkan untuk memasok Rusia dengan senjata untuk mendukung perang. Tapi Cina juga mencoba menempatkan diri dalam peran yang lebih netral, menawarkan rencana perdamaian yang pada dasarnya diabaikan.

Pertemuan di Moskow kemungkinan akan melihat ulang komitmen keduanya kepada kemitraan mereka. Keduanya menganggap kemitraan itu penting untuk melawan apa yang mereka anggap sebagai pengaruh yang tidak semestinya dan tidak pantas atas AS dan sekutu Baratnya.

APA SIGNIFIKANSI DARI JAMINAN PENANGKAPAN OLEH ICC YANG UNTUK PUTIN?

Dalam waktu dekat, surat perintah ICC untuk Putin dan salah satu pembantunya itu sepertinya tidak akan berdampak besar pada pertemuan atau posisi Cina terhadap Rusia. Baik Cina maupun Rusia–maupun Amerika Serikat dan Ukraina– tidak meratifikasi perjanjian pendirian ICC. AS, dimulai dengan pemerintahan Clinton, telah menolak untuk bergabung dengan pengadilan, karena khawatir mandatnya yang luas dapat mengakibatkan penuntutan terhadap pasukan atau pejabat Amerika.

Itu berarti bahwa tidak satu pun dari empat negara secara resmi mengakui yurisdiksi pengadilan itu atau terikat oleh perintahnya, meskipun Ukraina telah setuju untuk mengizinkan beberapa penyelidikan ICC atas kejahatan di wilayahnya, dan AS pun telah bekerja sama dengan penyelidikan ICC.

Selain itu, sangat tidak mungkin Putin melakukan perjalanan ke negara yang terikat oleh kewajiban kepada ICC. Jika dia melakukannya, patut dipertanyakan apakah negara itu benar-benar akan menangkapnya. Ada preseden bagi mereka yang sebelumnya didakwa, terutama mantan Presiden Sudan Omar Al-Bashir, mengunjungi anggota ICC tanpa ditahan. 

Namun, noda dari surat perintah penangkapan dapat bekerja dengan baik melawan Cina dan Rusia di pengadilan opini publik dan status internasional Putin dapat terpukul kecuali jika tuduhan itu ditarik atau dia dibebaskan.

APA PANDANGAN WASHINGTON?

Pejabat AS tidak berbasa-basi ketika mengomentari rencana kunjungan Xi ke Moskow. Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, menyebut dorongan Beijing untuk gencatan senjata segera di Ukraina itu sebagai “ratifikasi penaklukan Rusia” dan memperingatkan bahwa Rusia dapat menggunakan gencatan senjata untuk menyusun kembali posisi mereka “sehingga mereka dapat memulai kembali serangan terhadap Ukraina di waktu yang mereka pilih.”

“Kami tidak percaya bahwa ini adalah langkah menuju perdamaian yang adil dan tahan lama,” katanya. Penasihat keamanan nasional Biden Jake Sullivan minggu ini meminta Xi untuk juga berbicara dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dan pemimpin Ukraina itu juga telah menyatakan minatnya untuk berbicara dengan Xi.

APA PANDANGAN KYIV?

Berbicara sebelum surat perintah ICC diumumkan, analis Ukraina memperingatkan agar tidak jatuh ke dalam perangkap potensial menjelang pertemuan Xi-Putin. “Kita perlu menyadari bahwa pembicaraan damai semacam itu adalah jebakan bagi Ukraina dan korps diplomatiknya,” kata Yurii Poita, yang mengepalai bagian Asia di Jaringan Riset Geopolitik Baru yang berbasis di Kyiv.

“Dalam kondisi seperti itu, pembicaraan damai ini tidak akan diarahkan pada perdamaian,” kata Nataliia Butyrska, seorang analis politik Ukraina yang terkait dengan Asia Timur. Dia mengatakan kunjungan itu tidak mencerminkan keinginan Cina untuk perdamaian, tetapi keinginannya untuk memainkan peran utama dalam penyelesaian pasca-konflik apa pun yang dapat dicapai.

“Cina tidak secara jelas membedakan siapa yang menjadi agresor dan siapa yang menjadi korban. Dan ketika suatu negara memulai kegiatan pemeliharaan perdamaiannya atau setidaknya berusaha membantu para pihak, tidak membedakan ini akan mempengaruhi objektivitas,” kata Butyrska. “Dari sudut pandang saya, Cina berusaha untuk membekukan konflik.”

APA PANDANGAN MOSKOW? 

Bahkan jika Cina berhenti memberikan bantuan militer ke Rusia seperti yang ditakuti AS dan sekutunya, Moskow melihat kunjungan Xi sebagai sinyal kuat dukungan Cina yang menantang upaya Barat untuk mengisolasi Rusia dan memberikan pukulan yang melumpuhkan ekonominya.

Juru Bicara Kremlin, Yuri Ushakov, mencatat bahwa Putin dan Xi memiliki “ikatan pribadi yang sangat kuat dan saling percaya” dan memuji rencana perdamaian Beijing. “Kami sangat menghargai posisi kepemimpinan Cina yang terkendali dan seimbang dalam masalah ini,” kata Ushakov.

Pengamat mengatakan bahwa terlepas dari sikap Cina sebagai mediator, penolakannya untuk mengutuk tindakan Rusia tidak diragukan lagi menunjukkan di mana letak simpati Beijing. “Rencana perdamaian Cina adalah daun ara untuk melawan beberapa kritik Barat atas dukungan untuk Rusia,” kata Alexander Gabuev, rekan senior di Carnegie Endowment for International Peace. “Optik yang diciptakannya adalah bahwa Cina memiliki rencana perdamaian, kedua pihak yang berperang mendukungnya dan siap untuk menjajaki peluang, dan kemudian dibunuh oleh Barat yang bermusuhan.”

APA PANDANGAN BEIJING?

Pejabat Cina telah membual tentang pengaruh baru mereka di arena internasional karena kebijakan luar negeri negara mereka menjadi semakin tegas di bawah Xi.

Saat mengumumkan kunjungan Xi, Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan hubungan Beijing dengan Moskow adalah kekuatan dunia yang signifikan. “Ketika dunia memasuki periode baru pergolakan dan perubahan, sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan kekuatan penting, signifikansi dan pengaruh hubungan Cina-Rusia jauh melampaui ruang lingkup bilateral,” katanya.

Kunjungan tersebut disebut sebagai “perjalanan persahabatan, semakin memperdalam rasa saling percaya dan pengertian antara Cina dan Rusia, dan mengonsolidasikan landasan politik dan landasan opini publik persahabatan antara kedua bangsa selama beberapa generasi.” [The Associated Press]

Sumber Berita / Artikel Asli : inilah

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved