Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pakar Anggap PDI-P "Bunuh Diri" jika Usung Anies di Pilkada Jakarta

Bakal calon gubernur (cagub) di kontestasi Pilkada Jakarta 2024 Anies Baswedan saat ditemui wartawan di Sekretariat MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024).

 Analis politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam, menilai bahwa PDI-P berpotensi melakukan bunuh diri politik seandainya mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta 2024-2029.

Anies merupakan rival utama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diusung PDI-P pada Pilkada 2017 lalu.

Kalah dari Anies dalam pilkada yang bernuansa politik identitas, PDI-P kemudian rutin mengkritik selaku oposisi Anies dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta.

Umam menyoroti adanya jurang perbedaan ideologis yang cukup dalam antara PDI-P dengan citra yang dilekatkan kepada Anies usai Pilkada 2017 itu.

"Bagi sebagian orang PDI-P, itu (mengusung Anies) dianggap political suicide karena itu akan mendegradasi cara pandang yang dibangun PDI-P selama ini, terutama setelah pertarungan Ahok dan Anies," kata Umam dalam program GASPOL! Kompas.com, Sabtu (22/6/2024).

"Ada basis perbedaan ideologi yang sangat berbeda. Basis perbedaannya cukup tebal. Kalau terjadi peleburan itu akan terjadi koreksi tersebut PDI-P itu sendiri," jelasnya.

Umam menegaskan, basis konsolidasi kekuatan PDI-P sejak Pemilu 2014 hingga 2024 lalu relatif terawat dengan baik karena faktor sentimen ideologis.

Ia meyakini, internal PDI-P menghitung betul semua konsekuensi yang mungkin timbul seandainya mengusung Anies pada Pilkada Jakarta 2024.

"Karena basis kekuatan itu yang selama ini dijaga dengan cara pandang, dengan paradigma nasionalisme yang tertata," ungkap Umam.

"Barangkali elite memiliki kalkulasi lain sehingga menjadi satu, maka salah satu ancaman yang berpotensi terjadi adalah merapuhnya basis loyal pemilih masing-masing," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, DPD PDI-P resmi mengajukan nama Anies Baswedan sebagai salah satu dari nama-nama yang diusulkan maju Pilkada Jakarta 2024.

Keputusan berikutnya ada pada DPP PDI-P.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P, Utut Adianto, bahkan telah menyanjung Anies dan memuji nasionalisme eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Ia juga berharap, kursi calon wakil gubernur pendamping Anies nanti akan menjadi milik PDI-P.

Sumber Berita / Artikel Asli : kompas

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved