Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sekjen PBB Peringatkan Lebanon Tak Boleh Jadi Seperti Gaza

Peta Siprus dan Lebanon

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengaku sangat prihatin dengan meningkatnya ketegangan antara Israel dan Hezbollah Lebanon.

Pasukan penjaga perdamaian PBB disebutnya berupaya menenangkan situasi dan mencegah kesalahan perhitungan.

“Satu tindakan gegabah, satu kesalahan perhitungan, dapat memicu bencana yang melampaui batas negara, dan sejujurnya, di luar imajinasi,” katanya, dilansir dari Reuters.

“Mari kita perjelas: Masyarakat di kawasan ini dan masyarakat dunia tidak mampu membiarkan Lebanon menjadi bagian dari Gaza," tambahnya.

Hezbollah yang didukung Iran telah menembakkan roket ke Israel sebagai solidaritas dengan sekutunya di Palestina, Hamas, sejak perang Gaza meletus pada bulan Oktober, memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka di Israel.

Tekanan politik meningkat untuk melakukan tindakan yang lebih keras pun bermunculan.

Misi Iran untuk PBB mengatakan bahwa Hezbollah memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri dan Lebanon melawan Israel.

Mereka juga memperingatkan bahwa mungkin waktunya untuk penghancuran diri rezim tidak sah ini telah tiba.

“Setiap keputusan yang tidak hati-hati oleh rezim pendudukan Israel untuk menyelamatkan diri dapat menjerumuskan kawasan ini ke dalam perang baru,” tulis misi Iran di PBB di X.

Pasukan penjaga perdamaian PBB UNIFIL, serta pengamat teknis tak bersenjata yang dikenal sebagai UNTSO, telah lama ditempatkan di Lebanon selatan untuk memantau permusuhan di sepanjang garis demarkasi antara Lebanon dan Israel, yang dikenal sebagai Garis Biru.

“Pasukan penjaga perdamaian PBB berada di lapangan berupaya meredakan ketegangan dan membantu mencegah kesalahan perhitungan,” kata Guterres.

“Dunia harus menyatakan dengan lantang dan jelas: deeskalasi dalam waktu dekat tidak hanya mungkin dilakukan. namun hal ini penting. Tidak ada solusi militer," tambahnya.

Sumber Berita / Artikel Asli: kompas

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved