Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

HUT PDIP Tahun Ini Tanpa Jokowi? Catatan Naik Turun Hubungan Megawati dan Joko Widodo

 HUT PDIP Tahun Ini Tanpa Jokowi? Catatan Naik Turun Hubungan Megawati dan Joko Widodo

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan merayakan Hari Ulang Tahun atau HUT pada Rabu, 10 Januari 2024 mendatang.

Namun, bertepatan dengan hari jadi ke-51 tahun partainya itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan bakal bertandang ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

“Kalau ada kunjungan ke luar negeri mungkin tidak hadir HUT PDIP,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana ditemui di Gedung Kementerian Sekretariat Negara pada Jumat, 5 Januari 2024.

Hubungan Jokowi dengan Megawati Renggang

Hubungan Jokowi selaku petugas partai dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merenggang dalam kurun setahun terakhir.

Ketidakakuran itu kian memanas setelah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang juga kader PDIP menjadi calon wakil presiden atau cawapres pendamping calon presiden atau capres Prabowo Subianto.

Padahal, dalam Pilpres 2024, PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres dan Mahfud MD sebagai cawapres. Akibat tak sehaluan, Gibran pun didepak dari PDIP.

Tak lama berselang, menantu Jokowi yang juga anggota PDIP, Bobby Nasution menyatakan mendukung Prabowo-Gibran. Langkah Wali Kota Medan pisah jalan dengan arah PDIP juga diganjar pemecatan. 

Megawati sebut Jokowi bukan siapa-siapa tanpa PDIP

Jokowi sendiri mulai ‘tak patuh’ dengan PDIP saat putra bungsunya Kaesang Pangarep punya rencana masuk politik.

Mestinya Kaesang gabung PDIP lantaran partai berlambang banteng itu mengharuskan keluarga kader tak boleh beda partai.

Namun alih-alih membawa Kaesang ke PDIP, Jokowi justru merestui putranya gabung ke Partai Solidaritas Indonesia atau PSI.

Jokowi punya pengalaman tidak enak saat perayaan ulang tahun PDIP ke-50 pada 10 Januari 2023 lalu. Kepala negara dipermalukan Megawati di depan para kader.

Dalam kesempatannya berpidato, pucuk tertinggi pimpinan partai itu menyebut Jokowi bukan siapa-siapa jika tanpa PDIP. Mungkin gara-gara itulah hubungan Jokowi dengan Mega memanas hingga kini.

“Pak Jokowi itu ngono lho mentang-mentang. Lah iya. Padahal Pak Jokowi kalau nggak ada PDIP kasihan dah,” kata Megawati dalam pidatonya di acara HUT PDIP di JIExpo, kawasan Jakarta Utara pada Selasa, 10 Januari 2023.

Perkataan Megawati itu disambut tepuk tangan ribuan kader yang hadir. Presiden, yang masih berstatus ‘petugas partai’, berada di kerumunan dan hanya menanggapinya dengan senyuman. Sejak itu, Jokowi dan Mega tak harmonis.

Selaku kader PDIP yang cukup berpengaruh, Jokowi bahkan tak dilibatkan saat Ganjar dipilih sebagai capres usungan mereka.

Manuver Jokowi 

Setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar keluar dari koalisi pendukung Prabowo, kursi cawapres menjadi rebutan Partai Golkar dan PAN. Nama Gibran kemudian mencuat sebagai jalan tengah rebutan partai-partai.

Tapi ia terganjal batas usia kandidat minimal 40 tahun. PSI, yang selalu mencitrakan diri pendukung Jokowi, menggugat aturan itu.

Gugatan ambang batas usia capres-cawapres oleh PSI itu membuat hubungan Jokowi dan Megawati kian tak menentu. PSI ingin Mahkamah Konstitusi atau MK merevisi usia minimal dari 40 tahun menjadi 35 tahun.

Tujuannya membuka peluang Gibran bisa masuk bursa Pilpres 2024 sebagai cawapres. Megawati kabarnya mendengar manuver itu untuk menduetkan Prabowo dengan Gibran.

Hubungan Jokowi dan PDIP serta Megawati Soekarnoputri kian panas ketika Kaesang Pangarep, adik Gibran, menjadi Ketua PSI setelah dua hari menjadi anggota partai ini.

Para politikus PDIP menduga Kaesang akan membawa partai itu mendukung Prabowo. Benar saja, Setelah MK mempermulus jalan Gibran maju di Pilpres 2024, Kaesang pun mendeklarasikan dukungan partainya.

Terbaru, Jokowi dikabarkan tak akan hadir dalam perayaan HUT PDIP ke-51 pada Rabu pekan depan, 10 Januari 2023.

Saat ditanya pada Jumat, apakah rencana lawatan luar negeri Jokowi untuk menghindari HUT PDIP, Ari membantah.

Menurutnya rencana tersebut telah diatur atau dijadwalkan sebelumnya. "Pasti sudah ada rencana yang sudah diatur," katanya.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved