Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ditanya Gibran Soal LFP, Cak Imin Jawab: Semua Ada Etikanya

 

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, kembali mendapat kesempatan bertanya kepada capres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar dalam debat cawapres di JCC, Senayan, Minggu (21/1/2024). Kali ini Gibran bertanya soal LFP (lithium ferro-phosphate).

Gibran masih memiliki waktu sekitar 35 detik setelah melontarkan pertanyaan tersebut, sehingga moderator bertanya terkait penggunaan waktu tersebut.

"Akan saya gunakan apabila pertanyaannya belum jelas. Bagaimana Gus? Saya jelaskan juga gak apa. LFP itu lithium ferro-phosphate, itu sering digaungkan Pak Tom Lembong itu," kata Gibran kepada Cak Imin.

Cak Imin pun menanggapi pertanyaan tersebut. "Tenang Pak Gibran, semua ada etikanya, termasuk diskusi kita di sini bukan tebak-tebakan definisi, bukan tebak-tebakan singkatan. Kita levelnya adalah policy dan kebijakan," kata Cak Imin.

Menanggapi Gibran, Cak Imin mengatakan prinsipnya adalah sederhana, yakni semua kembali pada etika.

"Apapun yang menjadi kebijakan kita, menyangkut produksi, pengambilan tambang sumber daya alam, juga apapun yang kita gunakan seluruh potensi bangsa ini rujukannya etika lingkungan, komitmen kita," jelasnya.

Intinya, kata Cak Imin, ini adalah persoalan keseimbangan meletakan posisi manusia dan alam.

"Keseimbangan ini tidak bisa ditawar-tawar agar pembangunan kita keberlanjutan dan melibatkan semua pihak yang ada, tidak ada satupun yang tertinggal, sehingga produksi yang kita dimunculkan pun, dari tambang, litium, dari apapun, tidak sembrono dan tidak sewenang-sewenang. Bahkan yang lebih parah lagi, tidak mempertimbangkan lingkungan dan keberlanjutan masa depan," tegasnya.

"Sekali lagi, intinya bukan hanya etika lingkungan, tetapi juga etika forum policy yang berharga. Jangan-jangan kalau kita tebak-tebakan definisi di sini, saya ragu kita ini levelnya SD, SMP, atau ijazah kita palsu semua di sini. Jadi kalau mau tebak-tebakan, bukan di sini levelnya, di sini adalah kebijakan kita memimpin negara," tuturnya.

Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat antara cawapres Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, DKI Jakarta sejak pukul 19.00 WIB.

Debat kali ini akan fokus membahas gagasan mengenai isu Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Sebelumnya, debat pertama diadakan pada tanggal 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024. Sementara debat kelima atau debat terakhir akan digelar pada 4 Februari 2024.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved