Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Viral! Awan Erupsi Gunung Merapi Disebut Mirip Mbah Petruk, Netizen: Melindungi Warga Sekitar


 Netizen melihat sesuatu yang menarik ketika fenomena alam meletusnya Gunung Merapi di Jawa Tengah terjadi.

Awan panas yang meletus dari Gunung Merapi pada Minggu (3/12/2023) disebut-sebut berbentuk tokoh tertentu, mulai dari Wayang Petruk hingga kartun Teletubbies.

Tampak dalam video yang viral beredar di media sosial (medsos), awan panas yang jadi bahan pembicaraan berukuran cukup besar berada di atas gunung merapi.

Sekilas, awan tersebut memiliki bentuk seperti manusia dengan hidung yang panjang dan berpuncak. 

Dalam cuitan @merapi_uncover, netizen melihat awan panas yang meletus dari Gunung Merapi memiliki kemiripan dengan tokoh Wayang Petruk. Selain Petruk, ada juga pengunjung web yang melihat semburan panas mirip karakter Po dari serial animasi Teletubbies.

Sebagai informasi, tokoh wayang Petruk adalah karakter Punakawan dengan sosok yang tubuh tinggi, rambut lebat, dan hidung mancung.

Warga Desa Tlogolele Kecamatan Selo Boyolali percaya bahwa Petruk alias Mbah Petruk adalah sosok penjaga Gunung Merapi yang melindungi warga di sekitarnya.

Petruk memang sosok yang tidak asing lagi bagi sebagian orang Jawa. siapa petrus Petruk adalah tokoh Punakawan dalam pewayangan Jawa. 

Dia dari keluarga atau ras Witaradya. Bersama tiga tokoh lainnya, Semar, Gareng, dan Bagong, ia dikenal sebagai badut. Mereka mengabdi pada Pandawa, tokoh protagonis dalam kisah Mahabharata.

Namun, Punakawan itu tidak ada dalam Kitab Mahabarata. Sunan Kalijaga kemudian menciptakan tokoh-tokoh tersebut untuk pertunjukan wayang sebagai wahana penyebaran Islam di tanah Jawa saat itu.

Nama Petruk berasal dari kata Arab Fatruk. Arti harafiahnya adalah meninggalkan atau menghilangkan perbuatan-perbuatan jahat yang diharamkan Allah. ***

 

Sumber Berita / Artikel Asli : Ayobandung

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved