Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Lapor Pak Jokowi, RI Masuk Negara Terkorup di Antara G20


Transparency International telah merilis data terbaru yang menunjukkan indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia tercatat sebesar 34 poin dari skala 0-100 angka ini turun 4 poin dari tahu sebelumnya.

Sebagai informasi, Indeks ini menilai negara dari 0 - 100 berdasarkan tingkat persepsi korupsi di sektor publik menurut penilaian ahli dan pelaku bisnis serta jajak pendapat.

Penurunan IPK meskipun hanya 4 poin ternyata turut menjatuhkan peringkat IPK Indonesia di tingkat global. Pada 2022, Indonesia berada pada urutan ke-110. Padahal sebelumnya, Indonesia ada di peringkat ke-96 secara global.

Jika melihat data di atas, sebenarnya sejak tahun 2002 hingga 2019 trennya sudah meningkat. Namun sejak 2020 indeks turun menjadi 37 poin. Sejak ini indeks bergerak fluktuatif hingga kini berada di 34 poin dan mencatat level terendah sejak 2015.

Sementara itu, salam satu dekade terakhir IPK tertinggi berhasil di raih Indonesia di angka 40 poin yakni pada tahun 2019.

Sebagai informasi, Transparency International melibatkan 180 negara dalam survei IPK-nya. Skor 0 artinya, banyak praktik korupsi di negara tersebut, sebaliknya skor 100 menandakan negara tersebut bersih dari korupsi. 

Dengan indikator ini artinya praktik korupsi di negara kita masih begitu besar. Ini tentu menjadi pekerjaan rumah bersama bagaimana IPK bisa terus ditingkatkan.

Adapun rata-rata IPK dunia pada 2022 tercatat sebesar 43. Nilai ini tidak berubah selama 11 tahun berturut-turut. Dua per tiga negara masih memiliki skor di bawah 50, yang mengindikasikan negara-negara tersebut memiliki masalah korupsi serius.

Jika kita bandingkan dengan negara-negara G20, ironisnya Indonesia masih termasuk negara terkorup. Simak buktinya.

Indonesia menepati peringkat ke-3 dengan IPK terendah di antara negara-negara G20. Sementara itu, Jerman menjadi negara dengan indeks persepsi korupsi tertinggi dengan 79 atau nyaris bersih dari korupsi. Selain itu, peringkat IPK Jerman peringkat 9 di antara 180 negara yang masuk dalam indeks ini.


Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved