Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

4 Keluarga Dinasti Politik yang Terjerat Kasus Korupsi, Terbaru Menteri SYL

 

Di daerah sejumlah keluarga membangun dinasti politik. Politik dinasti dapat diartikan sebagai sebuah kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang yang masih terkait dalam hubungan keluarga.

Namun dalam beberapa tahun terakhir keluarga dinasti politik itu satu per satu mulai 'tumbang' atau 'tenggelam' karena terjerat kasus korupsi. 

1. Keluarga SYL

Terbaru adalah mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini tengah menjalani persidangan kasus korupsi di Kementerian Pertanian

Di daerahnya, SYL dikenal membangun dinasti politik dimana beberapa anggota keluarganya ada yang menjabat bupati, anggota DPR RI, dan Anggota DPRD.

Mereka adalah Tenri Olle Yasin Limpo, Syahrul Yasin Limpo, Tenri Angka Yasin Limpo, Dewi Yasin Limpo, Ichsan Yasin Limpo, Haris Yasin Limpo, dan Irman Yasin Limpo.

Menurut catatan jurnal politik berjudul Politik Kekerabatan dan Kualitas Kandidat di Sulawesi Selatan (2022) yang ditulis oleh Titin Purwaningsih, Syahrul Yasin Limpo hingga anak dan saudara kandungnya, semua terjun ke dunia politik.

Syahrul Yasin Limpo pernah menjabat sebagai Bupati Gowa dan Gubernur Sulawesi Selatan.

Ibu Syahrul Yasin Limpo yakni Sitti Nurhayati, juga 'menguasai' DPRD Sulsel dan DPR RI.

Ia pernah menjadi anggota DPRD Sulsel selama tiga periode yaitu 1987-1992, 1992-1997, dan 1997-1999. Lalu menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009.

Sementara itu, anak Syahrul Yasin Limpo, Indira Thita Chundra, pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014.

Selain anak dan istrinya, ada kakak, adik, hingga keponakan Syahrul Yasin Limpo yang juga turut 'berkuasa' di Sulsel. Berikut rinciannya:

Adik kandung SYL yakni Dewie Yasin Limpo juga ditangkap KPK pada 20 Oktober 2015 silam atas dugaan suap terkait proyek pembangkit listrik di Kabupaten Deiyai, Papua.

2. Keluarga Alex Noerdin

Mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin divonis 12 tahun penjara karena terbukti korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya serta pembelian gas bumi oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE).

Selain hukuman penjara, Alex dikenakan denda Rp 1 miliar pada 2023 lalu.

Putra Alex Noerdin yakni Mantan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin ditangkap KPK kasus dugaan korupsi suap proyek infrastruktur.

Pada 2023 lalu, di pengadilan dia dijatuhi hukuman penjara 6 tahun. Dodi Reza Alex Noerdin merupakan Bupati Musi Banyuasin periode 2017 hingga 2022.

Sebelum menjadi bupati, Dodi pernah menjadi anggota DPR RI Fraksi Golkar selama dua periode yakni pada 2009 hingga 2014 dan 2014 hingga 2016. 

3. Dinasti Ratu Atut Banten

Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan adiknya Tubagus Chaeri Wardana sama-sama terjerat korupsi. Atut terjerat suap mantan Ketua MK Akil Mochtar.

Dan Wawan kini menghuni penjara karena korupsi berbagai proyek di Banten.

Adik tiri Ratu Atut yakni Ratu Lilis juga mendekam di penjara dalam kasus korupsi proyek sodetan Cibinuangeun, Lebak.

Beberapa kerabat Ratu Atut di DPR, DPRD, dan pemerintahan yakni anak pertama Andika Hazrumy menjabat Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022.

Anak kedua Ratu Atut Andiara Aprilia Wakil Ketua DPRD Banten dan terpilih jadi DPD RI periode 2019-2024.

Airin Rahmi Diany Wali Kota Tangerang Selatan periode 2016-2021 yang merupakan istri adik Atut bernama Wawan.

Kemudian Ratu Tatu Chasanah adik kandung Ratu Atut pernah menjabat Bupati Serang periode 2016-2022. 

4. Keluarga Syaukani

Pada 2007, Syaukani Hasan Rais Bupati Kutai Kartanegara Kalimantan Timur dijatuhi hukuman penjara 2,5 tahun dalam kasus korupsi.

Pada 2018, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari yang merupakan putri dari Syaukani juga divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim juga dalam kasus korupsi.

Sumber Berita / Artikel Asli : tribunnews

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved