Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Analisis Rocky Gerung: Prabowo Tidak Akomodasi China, Indonesia Bakal Berantakan

  

Pengamat politik Rocky Gerung mengkritik Prabowo Subianto memilih untuk melakukan kunjungan ke China.

Keputusan Prabowo melakukan kunjungan ke China tersebut menimbulkan banyak spekulasi termasuk dari pengamat politik Rocky Gerung.

Selain itu Rocky Gerung mengungkapkan kekhawatirannya terkait potensi pengaruh China di Indonesia akibat kunjungan Prabowo ke China.

Kunjungan tersebut, yang diselenggarakan dalam kapasitas Menteri Pertahanan, dianggap sebagai langkah awal Prabowo untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan China.

Namun, ada yang melihatnya sebagai langkah politik yang lebih luas, mengingat China merupakan kekuatan ekonomi dan politik yang semakin dominan di kawasan.

Perlu dicatat bahwa kunjungan tersebut dilakukan sebelum Prabowo secara resmi dilantik sebagai presiden.

Namun hal ini menimbulkan pertanyaan tentang arah kebijakan luar negeri Indonesia di masa mendatang.

Menurut Rocky Gerung tidak mengakomodasi kepentingan China dapat mengakibatkan kerusakan bagi Indonesia.

Dikutip dari youtube pribadinya, Rocky Gerung menjelaskan "Prabowo diharapkan untuk mengakomodasi kepentingan Amerika berdasarkan strategi Indo-Pasifik. Dalam konteks ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianggap tidak akan mendapat perhatian serupa."

"Sementara Jokowi enggak akan dilirik lagi oleh pemain-pemain global di Asia, karena bagaimanapun strategi di Indo-Pasifik misalnya akan minta supaya Prabowo itu cuma dengan kepentingan Amerika di situ tuh," ucapnya.

Namun, Rocky Gerung menekankan bahwa Prabowo menyadari jika tidak memperhatikan kepentingan China juga akan menimbulkan masalah.

Hal ini disebabkan karena Indonesia tidak memiliki kekuatan militer yang cukup, rentan secara ekonomi, dan potensi konflik rasial yang mungkin terjadi.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, telah menyampaikan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa China merupakan mitra kunci RI dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Prabowo menegaskan komitmennya untuk memperkuat kemitraan antara Indonesia dan China.

Prabowo juga menyampaikan harapannya untuk adanya langkah-langkah konkret ke depan dalam menindaklanjuti rencana aksi penguatan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan China.

Sumber Berita / Artikel Asli: bisnisbandung

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved