Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sri Mulyani Pasang 'Mode Waspada', 2 Masalah Ini Ancam RI

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mewaspadai dua risiko besar yang tengah mengancam Indonesia. Dua risiko tersebut adalah pelemahan ekonomi global dan kenaikan harga pangan, termasuk beras.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai situasi 2024 masih penuh ketidakpastian sehingga pemerintah tetap harus waspada dan bersiap dengan langkah antisipasi.

"Kita harus waspada situasi global masih cukup menantang dan cenderung masih tetap lemah sehingga. Kita perlu jaga momentum pertumbuhan di dalam negeri," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Kamis (22/2/2024).

Perekonomian global masih lemah pada 2024, kendati inflasi telah termoderasi. Menurut Sri Mulyani, pelemahan ini dipicu oleh suku bunga yang melonjak cukup tinggi dalam 18 bulan terakhir. Kendati demikian, suku bunga diharapkan mulai turun pada semester kedua.

"Perkembangan inflasi global yang mulai menurun memberikan harapan penurunan suku bunga, namun ini diprediksi baru turun pada semester II-2024," kata Sri Mulyani.

Baca: Contoh Perhitungan Diskon Pajak Mobil Listrik Terbaru 2024
Selanjutnya, Sri Mulyani juga mengatakan bahwa pemerintah tengah mewaspadai kenaikan harga beras yang telah mencapai rata-rata Rp 15.000 per kilogram pada Februari 2024.

Menurutnya, inflasi di Tanah Air masih terjaga hingga awal tahun. Namun, harga beras membuat pemerintah waspada. Peningkatan harga beras sangat mempengaruhi inflasi bulanan.

"Kita waspada kenaikan harga beras bulanan 7,7%, hingga Februari rata-rata harga di Rp 15.000 per kg," ungkap Sri Mulyani.

Dari pantauan CNBC Indonesia, Kamis (22/2/2024), Panel Harga Badan Pangan mencatat harga beras premium dan medium kompak melanjutkan kenaikan ke level rekor baru.

Harga beras premium naik Rp60 ke Rp16.270 per kg hari ini, sementara beras medium naik Rp90 ke Rp14.230 per kg. Sepekan lalu, (15 Februari 2024), harga beras premium masih di Rp15.900 per kg dan beras medium di Rp13.950 per kg. Harga tersebut adalah rata-rata harian nasional di tingkat pedagang eceran.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved