Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Perusahaan Motor Listrik Ponakan Luhut Ternyata Pakai Baterai LFP, Nikelnya Dikit

 

Perusahaan patungan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA), Electrum ternyata masih menggunakan baterai listrik dengan komponen utama Lithium Ferro Phosphate (LFP).

Electrum sendiri merupakan produsen kendaraan motor listrik yang dimiliki oleh keponakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dimana Direktur Utama diisi oleh Pandu Sjahrir.

Pandu mengungkapkan saat ini semua motor listrik Electrum masih menggunkan baterai LFP yang sebagian besar impor.

"Sebagian besar (baterai) sekarang ada litiumnya, ada dikit nikelnya," ungkap Pandu dikutip Jumat (2/2/2024).

Dikatakan Pandu saat ini pengunaan bahan baku nikel untuk baterai belum bisa dilakukan di Tanah Air secara maksimal.

"Yang terjadi saat ini tuh nikel Indonesia belum kita kelola penuh jadi baterai. Sehingga, banyak dikirim balik ke luar, dikelola di sana, terus dikirim lagi ke kita," katanya.

Sehingga kata dia hilirisasi nikel harus dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir, barulah Electrum akan memanfaatkan penggunaan baterai listrik nikel secara menyeluruh.

"Jadi apa yang harus dilakukan adalah hulu ke hilir selesai, kita bisa off-take langsung di Indonesia, lebih murah," jelasnya.

Ia pun menargetkan, Electrum bisa memakai baterai Baterai Ternary lithium-ion (NMC) berbahan dasar nikel secara penuh pada tahun 2025-2026.

"Kalau bisa tergetnya nanti semua (baterai pakai nikel). Karena nikel yang lebih konsisten, nikel tuh actually as a base buat baterai tuh lebih kuat, lebih tahan lama," kata dia.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved