Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

PERNYATAAN SIKAP : FORUM ALUMNI PERGURUAN TINGGI BANDUNG BERIJAZAH ASLI (FOR ASLI)

Bahwa, Kampus memiliki ciri utama pada kebebasan akademik yakni merdeka untuk menyatakan pendapat dan berekspresi sepanjang tidak bertentangan dengan nilai-nilai moral, agama, konstitusi dan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Bahwa, Melihat perkembangan bangsa dan negara yang semakin memprihatinkan terutama atas penggerusan nilai-nilai demokrasi dan politik dinasti yang dibangun rezim Jokowi, maka Guru Besar, Dosen dan Alumni Perguruan Tinggi telah menyuarakan aspirasi melalui berbagai deklarasi kebangsaan.

Bahwa, Fenomena pengkritisan serempak ini cukup mengejutkan dan menandai betapa seriusnya keadaan politik negara Indonesia. Gerakan moral dunia akademis menggaungkan sinyal bahaya. Jokowi sebagai Presiden dinilai sebagai sumber masalah yang perlu diingatkan.

Bahwa, Forum Alumni Perguruan Tinggi Bandung Berijazah Asli (For Asli) yang terdiri dari 18 Alumni Perguruan Tinggi di Bandung telah mengingatkan bahwa Jokowi sudah tidak layak memimpin Indonesia. ForAsli melalui deklarasi pada tanggal 11 Desember 2023 di gedung DHD 45 dengan tema Makzulkan dan Penjarakan Presiden Joko Widodo karena banyak melakukan pelanggaran konstitusi dan perbuatan tercela.

Bahwa, For Asli bersama Petisi 100 telah menyampaikan pengaduan ke Bareskrim POLRI pada tanggal 5 Januari 2024 tentang dugaan tindak pidana nepotisme Jokowi sekeluarga melanggar vide pasal 1 angka 5 jo Pasal 22 UU 28 tahun 1999, karenanya harus segera dimakzulkan sebelum kerusakan berlanjut dan menjadi lebih parah.

Atas dasar hal-hal tersebut maka Forum Alumni Perguruan Tinggi Bandung Berijazah Asli (For Asli) menyatakan sikap :

Pertama, mendukung deklarasi kebangsaan untuk pemulihan demokrasi yang dilakukan oleh Guru Besar, Dosen, dan Alumni berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Meminta agar Pemerintah, khususnya Presiden Jokowi, mendengar dan menjalankan tuntutan atau desakan yang disampaikan.

Kedua, mendorong para mahasiswa agar bergerak bersama dengan Guru Besar, Dosen dan Alumni. Menindaklanjuti deklarasi melalui aksi-aksi agar seruan akademik di atas menjadi efektif untuk mempengaruhi pengambilan kebijakan publik.

Ketiga, mengimbau Guru Besar, Dosen, dan Alumni berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia agar mendesak Presiden Jokowi mengundurkan diri dalam hal seruan Guru Besar, Dosen dan Alumni yang disampaikan ternyata tidak mendapat respon atau diabaikan sama sekali.

Keempat, mendesak aparat penegak hukum untuk memulai pengusutan dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Presiden Jokowi baik penyimpangan dana bansos, tindak pidana penyucian uang, kejahatan nepotisme ataupun lainnya. Memberlakukan asas persamaan di depan hukum.

Demikian Pernyataan Sikap ini disampaikan sebagai pertanggungjawaban akademik Alumni Perguruan Tinggi Bandung dalam upaya turut berkontribusi untuk memperbaiki kehidupan bangsa dan negara.

Bandung, 6 Februari 2024

Forum Alumni Perguruan Tinggi Bandung Berijazah Asli (For Asli)

Koordinator : Budi Riyanto
Sekretaris : Ida Farida Mukardanoe

Didukung 157 Alumni dari 18 Perguruan Tinggi

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved