Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pasangan Prabowo-Gibran Kembali Unggul di Pemungutan Suara Ulang di Trenggalek

 

Pemungutan suara ulang (PSU) Pilpres 2024 di TPS 017 Kelurahan Sumbergedong, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, berlangsung pada Rabu (21/2/2024).

Dilansir dari Antara News, Rabu (21/2), hasil dari PSU tersebut, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil mempertahankan kemenangan mereka di TPS tersebut.

Pasangan nomor urut 2 ini mendapatkan 148 suara dari 186 pemilih yang hadir. Jumlah ini menurun dibandingkan dengan pemungutan suara sebelumnya pada 14 Februari, yang saat itu mereka meraih 172 suara.

Penurunan suara juga dialami oleh dua pasangan calon lainnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (GAMA).

Pasangan AMIN hanya mendapatkan 16 suara, turun dari 30 suara sebelumnya. Sedangkan pasangan GAMA mendapatkan 21 suara, turun dari 42 suara sebelumnya.

Menurut Ketua KPPS 017 Kelurahan Sumbergedong Budi Santoso, penurunan suara ini disebabkan oleh berkurangnya partisipasi pemilih di PSU.

Dari 286 orang yang terdaftar sebagai DPT, hanya 186 orang yang menggunakan hak suara mereka, atau sekitar 65 persen.

Padahal, pada pemungutan suara sebelumnya, kehadiran pemilih mencapai 249 orang, atau sekitar 87 persen.

“Untuk hasil coblosan berubah dari pemungutan suara pada tanggal 14 Februari. Partisipasi pemilih turun, otomatis hasil coblosan juga turun,” kata Budi Santoso.

Budi Santoso juga menjelaskan bahwa hasil rekapitulasi suara PSU ini akan digunakan untuk rekap perhitungan suara di tingkat PPS.

“Rekap suara sebelumnya jenis surat suara yang sama. Dengan demikian, tidak digunakan lagi,” ujarnya.

TPS 017 Kelurahan Sumbergedong merupakan salah satu dari tiga TPS di Trenggalek yang menggelar PSU. Dua TPS lainnya adalah TPS 012 Kelurahan Kelutan dan TPS 06 Desa Sukosari.

Namun, berbeda dengan TPS 017 yang menggelar PSU untuk surat suara pilpres, dua TPS lainnya menggelar PSU untuk surat suara pemilu anggota legislatif.

TPS 012 Kelurahan Kelutan menggelar PSU untuk surat suara DPRD kabupaten, DPRD provinsi Jatim, dan DPR RI. Sedangkan TPS 06 Desa Sukosari menggelar PSU hanya untuk surat suara DPRD kabupaten.

Peserta Pemilu 2024 terdiri atas 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal. Sementara itu, peserta Pilpres 2024 terdiri atas tiga pasangan calon, yaitu AMIN, Prabowo-Gibran, dan GAMA.

Sumber Berita / Artikel Asli : jawapos

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved