Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sindir Program Prabowo-Gibran, Anies Sebut Atasi Stunting Tak Cukup Makan Siang dan Susu Gratis

 

Calon Presiden (capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menyindir program makan siang dan susu gratis Paslon 02 Prabowo-Gibran tak cukup mengatasi stunting. 

Hal itu diungkapkan Anies saat mendapatkan pertanyaan tentang mengatasi stunting dalam acara 'Desak Anies Edisi Tenaga Kesehatan (Nakes)'. 

Eks Gubernur DKI Jakarta tersebut pun secara tegas mengatakan bahwa stunting tidak dapat diatasi dengan pemberian makan siang dan susu gratis. "Tapi penanganannya (stunting, red) tidak bisa di masa sekolah.

 Jadi, enggak cukup dikasih makan siang, sudah terlambat, enggak cukup," ungkap Anies, di Half Patiunus, Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024). 

Anies pun menegaskan, seharusnya yang diberi asupan nutrisi adalah ibu hamil bukan anak-anak sekolah, karena sudah terlambat. 

"Ibu hamil itu yang harus nutrisinya cukup karena di situ yang kita butuhkan. 

Jadi, intervensinya di usia dini, bahkan di usia ibu hamil memastikan kesehatan ibu hamil, ini krusial sekali," jelasnya. Selain itu, Anies mengatakan seribu hari pertama usia bayi juga harus dipastikan pemberian nutrisinya.  

Tidak hanya itu, dia merasa bayi perlu dipastikan telah menjalani imunisasi dengan tuntas, serta pola asuh yang benar. 

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menilai susu tidak cukup mengatasi masalah stunting atau kekurangan gizi pada anak.

 Sebab, di Indonesia sendiri banyak anak kecil yang memiliki laktosa intoleran atau ketidakmampuan untuk sepenuhnya mencerna gula (laktosa) dalam produk susu. "Kita ini punya laut yang luas, kita punya sumber pangan dari laut yang banyak, sehingga nutrisinya ya, bukan harus jenis susu," tutur dia. 

Oleh karena itu, Anies mendorong agar anak-anak lebih banyak mengonsumsi ikan, yang mana ada sumber pangan laut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

 "Kalau kita dorong (makan, red) ikan, kita akan dapat ikan itu di semua tempat dengan mudah. Di danau dapat, di laut dapat, dan harganya terjangkau, aksesnya mudah," tukasnya. 

Dengan demikian, Anies menilai ke depan anak-anak terlatih untuk tidak menjadi konsumen produk impor dan mencintai makan-makanan sehat produksi dalam negeri. 

 Sebagaimana diketahui, pemberian makan siang dan susu gratis merupakan program kerja dari pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Sumber Berita / Artikel Asli : tv one

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved