Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mengenang Wafatnya Gus Dur, Kepergiannya Ditangisi Jutaan Masyarakat Seperti 3 Tokoh Dunia Ini

 Mengenang Wafatnya Gus Dur, Kepergiannya Ditangisi Jutaan Masyarakat Seperti 3 Tokoh Dunia Ini

Menko Polhukam Mahfud MD menceritakan kembali momen wafatnya Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada tanggal 30 Desember 2009.

Kepergian Gus Dur ditangisi jutaan orang, dan menjadi satu dari empat tokoh dunia yang wafat ditangisi oleh jutaan masyarakat.

Mahfud mengatakan bahwa dirinya saat itu ditelepon oleh seseorang ketika dirinya sedang menerima tamu dan dikabari bahwa Gus Dur telah meninggal dunia.

“Yang ini saya menyaksikan sendiri, karena begitu sehabis Maghrib saya menerima tamu Kiai Hasyim Muzadi dah Choirul Anam dan beberapa orang lagi di rumah dinas saya Ketua MK, tiba-tiba ada yang menelepon bahwa KH Abdurrahman Wahid wafat,” kata Mahfud di acara Haul ke-14 Gus Dur di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2024).

Mahfud menceritakan, setelah mendapatkan informasi itu, ia langsung menghentikan pertemuan itu dan langsung berangkat ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Ia mengungkapkan bahwa sepanjang perjalanan menuju ke rumah sakit, ia melihat ribuan orang telah berada untuk mengantarkan kepergian Gus Dur. 

"Di situ ribuan orang sudah menutupi jalan, semua lantai di rumah sakit itu penuh sambil menangis meraung-raung. Kemudian, ketika Gus Dur dibawa pulang ke Ciganjur, di pinggir jalan orang berteriak histeris ‘Gus Dur-Gus Dur’," ucapnya.

Mahfud menyebutkan hal serupa ia temukan juga ketika ikut mengantar jenazah Gus Dur ke Surabaya.

Ia mengatakan sepanjang Jalan Juanda hingga Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, ribuan orang sudah berkumpul untuk mengantarkan kepergian Gus Dur.

“Paginya saya ikut pesawat kepresidenan bersama Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) terbang ke Surabaya mengantar jenazah Gus Dur yang kemudian bersemayam di sini, di depan bapak ibu sekalian dan disamping kanan saya ini,” ujarnya.

“Mulai dari Juanda sampai ke Tebuireng ini, orang di pinggir jalan ada yang menangis, ada yang bertahlil, anak-anak sekolah mengibarkan bendera merah-putih berteriak ‘Gus Dur-Gus Dur’,” pungkasnya.

4 Tokoh Dunia yang Ditangisi oleh Jutaan Masyarakat salah satunya Gus Dur

Mahfud MD mengatakan bahwa Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur merupakan satu dari empat tokoh dunia yang wafat ditangisi oleh jutaan masyarakat.

Hal itu ia sampaikan saat hadir di acara Haul ke-14 Gus Dur yang digelar di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2024). 

“Gus Dur itu adalah satu dari empat tokoh dunia setelah abad ke-19, malah mungkin sepanjang sejarah pemimpin dunia itu yang ketika wafat ditangisi oleh jutaan orang,” kata Mahfud dalam sambutannya.

Mahfud menjelaskan, tokoh yang pertama adalah Mahatma Gandhi ketika meninggal dunia pada 30 Januari 1948.

Ia menyebutkan seluruh warga India berduka atas kepergian Mahatma Gandhi.

“Lalu di tahun 1963 ketika John F Kennedy pada tanggal 22 November mati ditembak. Rakyat Amerika berduka dan berbondong-bondong mengantar kepergiannya, melepas dari pinggir-pinggir jalan di seluruh Amerika,” ucapnya.

Tokoh berikutnya, ungkap Mahfud, adalah Ayatollah Sayyid Ruhollah Musavi Khomeini yang diketahui merupakan pemimpin revolusi Iran yang meninggal pda tanggal 3 Juni 1889.

Mahfud pun juga mengungkapkan bahwa kepergian dari Gus Dur pada tanggal 30 Desember 2009 menyisakan isak tangis seluruh warga Indonesia.

“Sesudah itu muncul dari Indonesia ketika pada tanggal 30 Desember tahun 2009, KH Abdurrahman Wahid yang sudah tidak lagi menduduki jabatan di pemerintahan maupun di politik itu wafat. Seluruh rakyat Indonesia berduka,” jelasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : tv one

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved