Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Cak Imin Protes Dua Panelis Debat dari Unhan, Jubir Prabowo: Protesnya Tidak Tepat

 Cak Imin Protes Dua Panelis Debat dari Unhan, Jubir Prabowo: Protesnya Tidak Tepat

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak meminta adanya dua panelis debat ketiga pilpres 2024 berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan) tidak perlu dipersoalkan. Sebab, Unhan sebagai universitas memiliki independensi tersendiri walaupun di bawah naungan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

"Sepemahaman saya ini adalah universitas punya kemerdekaan akademik dan kemerdekaan akademik itu artinya independen," kata Dahnil kepada wartawan, Sabtu (6/1).

Adanya dua panelis dari Unhan sempat diprotes oleh Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar. Protes dilayangkan karena Unhan di bawah Kemenhan, kementerian yang dipimpin oleh Prabowo. Cak Imin mengkhawatirkan panelis tersebut tidak independen.

Hal ini pun dibantah Dahnil. Sebab, Unhan hanya mewakili kebebasan akademik sehingga lembaga pendidikan tersebut tidak terlibat politik praktis. Hal tersebut selaras dengan Kementerian Pertahanan yang juga independen dan tidak mewakili pihak politik manapun.

"Agaknya penolakan Cak Imin tidak tepat, kenapa? karena itu terkait kemerdekaan akademik," jelas Dahnil.

Sebelumnya, KPU resmi mengumumkan jadwal debat capres-cawapres 2024. Debat merupakan salah satu rangkaian dari masa kampanye Pilpres 2024 yang telah dimulai sejak Selasa (28/11), dan akan berakhir pada Sabtu (10/2).

Debat capres-cawapres 2024 digelar supaya publik dapat melihat sejauh mana visi-misi setiap pasangan calon dan menjadi referensi bagi para pemilih untuk dapat menentukan pilihannya.

Pelaksanaan debat capres-cawapres 2024 ini akan digelar sebanyak lima kali dengan berbagai tema dan waktu berbeda. Terdapat enam sesi dalam debat tersebut, diantaranya, sesi pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja, hingga penutupan.

Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 2024:

Debat pertama
Selasa, 12 Desember 2023
Tema: Hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat kedua
Jumat, 22 Desember 2023
Tema: Ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Debat ketiga
Minggu, 7 Januari 2023
Tema: Pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat keempat
Minggu, 21 Januari 2023
Tema: Energi, SDA, SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Debat kelima
Minggu, 4 Februari 2023
Tema: Teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Sumber Berita / Artikel Asli : jawapos

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved