Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Anies Sindir Prabowo: Kemenhan Punya Anggaran Rp 700 Triliun Tapi Dibobol Hacker!

 Anies Sindir Prabowo: Kemenhan Punya Anggaran Rp 700 Triliun Tapi Dibobol Hacker!

Calon presiden Anies Baswedan menyindir soal Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang dipimpin pesaingnya, Prabowo Subianto dalam debat capres yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, malam ini, 7 Januari 2024.

Anies menyatakan ironis karena Kemenhan memiliki anggaran yang sangat besar namun tak bisa melindungi dirinya sendiri dari serangan siber.

"Dan lebih ironisnya, Kementerian Pertahanan, menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker. Dibobol pada 2023," kata Anies saat memaparkan visi misinya, dalam debat capres.

Anies merasa ironis karena Kemenhan memiliki anggaran Rp 700 triliun.

Dia menyindir penggunaan anggaran tersebut yang diantaranya adalah untuk membeli alat utama sistem pertahanan bekas. 

“Karena itu kami ingin mengembalikan Rp 700 triliun anggaran Kementerian Pertahanan yang tidak bisa mempertahankan itu. Justru (anggaran itu) digunakan untuk membeli alat alutsista di saat tentara-tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas,” tuturnya.

Singgung soal serangan siber dan serangan virus

Anies menambahkan Indonesia menghadapi tantangan yang tidak mudah saat ini. Salah satunya, menurut dia, adalah serangan siber.

"Orang meninggal bukan karena serangan militer tapi virus HP kita, komputer kita diserang oleh cyber attack, lebih dari 800 juta cyber attack," ujarnya.

Anies juga menyatakan lebih dari 160 ribu orang meninggal bukan karena serangan militer, tapi karena serangan virus.

Seperti diketahui, situs resmi Kementerian Pertahanan sempat mengalami serangan dari peretas yang menamakan dirinya Two2 pada November 2023. 

Peretas tersebut mengaku berhasil mencuri ribuan dokumen dan surat rahasia dari situs Kemenhan dan menjualnya di dark web.

Sementara soal pembelian alutsista bekas yang disinggung Anies Baswedan merujuk pada rencana Kemenhan membeli pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar. Pembelian jet tempur buatan 1997 itu mendapatkan kecaman karena dinilai terlalu mahal.

Meskipun demikian, Prabowo Subianto sempat menyatakan bahwa 12 jet tempur tersebut masih memiliki masa pakai yang cukup panjang.

Prabowo menyatakan bahwa pembelian jet tempur bekas itu karena Indonesia membutuhkannya sebelum kedatangan jet tempur baru yang dipesan dari beberapa negara.

Selain Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, debat capres malam ini juga diikuti oleh Ganjar Pranowo.

Ini merupakan yang ketiga dari lima debat yang dirancang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambut Pilpres 2024.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved