Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Segala Cara Usung Gibran, Ini Bocoran Skenario Terbaru!

 Segala Cara Usung Gibran, Ini Bocoran Skenario Terbaru!

Peserta rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI)—organisasi sayap Partai Golkar—terlihat berdebat. Mereka tampak beberapa kali menginterupsi pimpinan rapat pleno yang digelar di Hutan Kota dekat Plataran, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, tadi malam (Kamis, 19/10/2023).

Tempo hanya dapat menyaksikan rapat pleno itu dari luar ruangan berdinding kaca tembus pandang. Suara peserta rapat pleno tak terdengar dari luar ruangan. Seorang pengurus AMPI juga beberapa kali mendekati awak media. Ia menyatakan agenda lembaganya itu bersifat tertutup. Dia pun heran awak media menjelaskan soal rapat pleno tersebut.

Rapat pleno itu diadakan secara mendadak. Undangan kegiatan dibuat pada hari yang sama dengan pelaksanaan rapat pleno, Kamis kemarin.

Dalam undangan itu, tertera empat agenda utama rapat pleno, yaitu revitalisasi kepengurusan DPP AMPI, konsolidasi organisasi, pengesahan peraturan organisasi, dan penetapan rencana rapat pimpinan nasional.

Pada hari yang sama, tersebar pesan berantai melalui WhatsApp yang isinya menginformasikan bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan bergabung ke Partai Golkar melalui AMPI. Pesan yang disampaikan itu diperkuat dengan informasi dua sumber Tempo di lingkup internal Partai Gerindra dan lingkaran Istana.

Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga berpendapat bahwa agenda lembaganya di Hutan Kota oleh Plataran itu membahas Gibran. Rapat pleno itu hanya membicarakan urusan internal AMPI.

“Saya belum tahu isu (soal Gibran) itu. Bisa ditanyakan ke senior-senior-lah kalau itu,” kata Jerry seusai rapat pleno AMPI, Kamis, 19 Oktober 2023.

Informasi Gibran akan bergabung ke Golkar ini lebih dulu digelindingkan Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono. Melalui keterangan tertulis, Agung memberi sinyal bahwa Gibran akan merapat ke Golkar melalui organisasi sayap partai yang berlambang pohon beringin tersebut.

“Kalaupun bukan dari Golkar, akan 'di-Golkar-kan' dulu. Bisa melalui AMPI atau ormas hasta karya lainnya,” kata Agung lewat keterangan tertulis, Selasa, 17 Oktober 2023.

Seorang pengurus DPP Partai Gerindra dan seorang kader Golkar juga mengaku mendengar kabar skenario untuk menjadikan Gibran sebagai pengurus Golkar. Langkah itu berawal dari rapat pleno DPP Golkar pada Rabu lalu.

Rapat pleno itu disebut-sebut memilih memilih Gibran sebagai calon wakil presiden Koalisi Indonesia Maju—gabungan Golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Gelora, dan Partai Bulan Bintang. Namun keputusan akhir akan diserahkan dalam rapat pimpinan nasional Golkar pada Sabtu pekan ini.

Hasil rapat pleno itu dikomunikasikan dengan Kaesang Pangarep, adik Gibran yang juga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia. Kaesang mendatangi kantor DPP Golkar, di Slipi, Jakarta Selatan, dua hari lalu.

Selain itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto disebut-sebut sudah mengkomunikasikan sikap partainya itu ke Prabowo dan Gibran pada Rabu malam lalu. “Airlangga bertemu Prabowo di kediaman Prabowo di Kertanegara,” kata pengurus Gerindra ini.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono membenarkan bahwa Kaesang Pangarep datang ke kantor Golkar pada Rabu lalu. Namun Dave tak bersedia membuka isi pertemuan antara elite Golkar dan Kaesang tersebut.

“Ada banyak hal penting yang menjadi bahan pembicaraan. Materinya belum semuanya dapat disampaikan ke media karena masih dalam penyelesaian,” kata Dave.

Saat dimintai konfirmasi mengenai komunikasi Airlangga dengan Gibran ataupun dengan Prabowo, Dave sama sekali tak menjawab. Ia juga tak bersedia menjelaskan peluang Gibran sebagai kandidat calon wakil presiden yang akan dibahas dalam rapat pimpinan nasional Golkar.

Pejabat politikus senior Partai Golkar, Muhidin, menjawab diplomatis saat dimintai konfirmasi. “Belum ada berita. Doakan saja supaya cepat ada beritanya,” kata Muhidin.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily mengatakan rapat pimpinan nasional nanti memang membahas nama-nama cawapres yang akan mendampingi Prabowo.

“Nama cawapres itu sejak awal kita serahkan kepada Ketua Umum untuk berkomunikasi dengan para ketum di KIM. Oleh karena itu, pada suatu saat pasti Ketua Umum akan menyampaikan di forum,” kata Ace di kantor DPP Golkar, kemarin.

Ketua Steering Committee Rapimnas Golkar ini mengatakan, dalam forum itu, memikirkannya akan mendengarkan lebih dulu masukan nama-nama cawapres dari peserta rapimnas. Selain itu, Ketua Umum Golkar akan menyampaikan hasil komunikasinya melalui beberapa pihak mengenai pencalonan presiden.

“Hasil komunikasi politik itu akan dibahas dalam rapimnas,” kata Ace. Agenda Golkar ini, katanya, menampilkan Presiden Joko Widodo dan para pemimpin partai politik di Koalisi Indonesia Maju.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku tidak mengetahui ihwal pertemuan Airlangga dan Prabowo di Kertanegara tersebut. Ia hanya memastikan Koalisi Indonesia Maju akan memaparkan pembahasan cawapres Prabowo, awal pekan depan.

Hingga saat ini empat nama mengemuka sebagai cawapres Prabowo. Keempatnya adalah Gibran, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Airlangga. Di antara keempat nama itu, Gibran disebut paling berpeluang menjadi cawapres Prabowo.

Gibran membantah informasi bahwa dia akan bergabung ke Partai Golkar. “Siapa yang bilang?” kata Gibran, Selasa lalu. Kendati demikian, Gibran membenarkan bahwa dia pernah berkomunikasi dengan elit Partai Golkar.

Seorang politikus Gerindra mengatakan kepada sekretaris jenderal partai di Koalisi Indonesia Maju kembali bertemu di kediaman Prabowo, tadi malam. Pertemuan itu memutuskan Gibran yang paling berpeluang diusung sebagai calon wakil presiden. “Tapi ada juga yang mengusulkan Erick dan Khofifah,” katanya.

(Sumber: Koran Tempo , Jumat, 20 Oktober 2023)

Sumber Berita / Artikel Asli : Portalislam

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved