Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sirkuit Formula E 2024 Mau Dipindah ke Sudirman, PSI: Terus yang di Ancol Mau Diapain?!




 Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anthony Winza Prabowo mempertanyakan rencana pemindahan sirkuit Formula E pada gelaran tahun 2024. Sebabnya, ajang balap mobil listrik itu sudah dibuatkan trek khusus di Jakarta International E-Prix (JIEC), kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Salah satu opsi lokasi lintasan nantinya adalah Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Anthony meminta adanya perhitungan matang, termasuk karena tidak dimanfaatkannya JIEC Ancol.

"Kalau di (Jalan) Sudirman mesti dihitung lagi lah yang udah dibangun di Ancol jadinya diapain dong?," tanya Anthony saat dikonfirmasi, Kamis (16/3/2023).

Anggaran untuk pembangunan JIEC pada tahun 2022 lalu mencapai Rp190 miliar untuk pembuatan trek hingga sarana pendukungnya. Anthony menyayangkan jika JIEC yang dibuat dengan dana besar ini tak dimanfaatkan dengan baik.

"Kan sudah dibangun di Ancol sudah keluar uang, bahkan itu lokasinya saya tanya sama Ancol cuman dipakai setahun sekali juga, eman-eman juga sebenarnya tuh, sekarang mau dipindah lagi ke Sudirman," ucapnya.

Selain itu, ia juga menilai akan muncul sejumlah polemik jika nantinya trek Formula E dipindah ke Jalan Sudirman-Thamrin. Sebab lokasi itu merupakan pusat perekonomian dan menjadi jalur protokol yang dilintasi masyarakat.

"Kita harus tahu berhentinya lalu lintas, di sektor ekonomi itu pasti ada dampak ekonomi nya. Jadi saya nggak menyarankan atau melihat di Sudirman itu jadi tempat yang cocok untuk Formula E," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkap akan ada perubahan pada gelaran Formula E 2024 mendatang. Rencananya, ajang balap mobil listrik ini tak menggunakan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara.

Hal ini ia sampaikan usai menemui Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono untuk membahas soal gelaran Formula E 2023 bersama Ketua Panitia Pelaksana Formula E 2023 Ananda Mikola dan Co-Founder Formula E Operation (FEO) Alberto Longo. Ia menyebut, perubahan lokasi sirkuit ini akan membuat balapan jadi lebih menarik.

"(Formula E) 2024 kita kemungkinan besar tadi kita sudah bicara dengan Alberto dan gubernur kita tidak lagi di sirkuit ancol tetapi kita street sirkuit dalam kota. Nah ini lebih menarik," ujar Bamsoet di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Sementara, Ananda Mikola menyebut rencananya Formula E 2024 bakal digelar di tengah kota dengan konsep city race. Ada dua opsi lokasi yang disebutnya, yakni Jalan Sudirman-Thamrin dan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

"(Opsinya) Sudirman, atau depan Balai Kota (Medan Merdeka)," ucap Ananda.

Dua lokasi itu sebenarnya juga sempat menjadi pilihan sirkuit saat Formula E 2022 lalu. Bahkan, kawasan Monumen Nasional (Monas) yang mencakup Jalan Medan Merdeka sempat dipilih untuk lintasan balapan.

Meski akhirnya, pemerintah melarang penggunaan kawasan Monas sebagai tempat balapan dan lokasinya dipindah ke Ancol.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved