Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Gunung Merapi Erupsi Siang Ini, Hujan Abu Guyur Selo Boyolali




Boyolali - Gunung Merapi erupsi siang ini. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan ada luncuran awan panas ke arah Kali Bebeng atau Krasak. Sementara itu hujan abu mengguyur wilayah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Pantauan detikJateng, erupsi Gunung Merapi itu terlihat jelas dari wilayah Desa Sruni, Kecamatan Musuk,Boyolali. Sekitar pukul 12.17 WIB, kepulan asap tebal tampak membumbung dari puncak Merapi.

"Betul, itu APG (awan panas guguran). Ke barat daya," kata Petugas Pos Pemantauan Gunung Merapi, Tri Mujiyanto kepada detikJateng, Sabtu (11/3/2023) siang.

Luncuran awan panas guguran dari Gunung Merapi itu menyedot perhatian warga. Warga pun mengabadikan fenomena tersebut menggunakan kamera ponselnya. 

Sementara itu sejumlah desa di Kecamatan Selo, Boyolali, saat ini diguyur hujan abu. Hujan abu itu di antaranya melanda wilayah Desa Tlogolele, Jrakah, dan Klakah.

"Sudah hujan abu ini, di wilayah Stabelan relatif tipis. Yang lumayan deras di wilayah bawah," kata Kadus Stabelan, Desa Tlogolele, Maryanto, kepada detikJateng.

Kepala Desa Klakah, Marwoto, juga mengatakan seluruh wilayah desanya saat ini diguyur hujan abu vulkanik dari Merapi. 

"Sampai saat ini masih terjadi hujan abu. Sudah merata, untuk wilayah Klakah semuanya rata (hujan abu) karena angin mengarah ke barat laut. Langit yang semula kelihatan (cerah) sekarang sudah nggak kelihatan," kata Kades Klakah, Marwoto, kepada detikJateng, pada pukul 12.54 WIB.

Pantauan detikJateng pukul.13.15 WB, erupsi Gunung Merapi masih terjadi. Kepulasan asap masih terlihat membumbung tinggi dan bahkan tampak lebih besar dari satu jam sebelumnya. 


Sumber Berita / Artikel Asli : Detik

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.net | All Right Reserved